Jangan Salah Dalam Menilai Orang Introvert

Jangan Salah Dalam Menilai Orang Introvert sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Apa yang ada di benak lo ketika mendengar istilah introvert? Pendiam, nggak gaul, nggak banyak ngomong, pemalu, dan lebih suka menyendiri ketimbang ketemu temen-temen lainnya. Pasti banyak yang mikir kayak gitu dah. Hmm tapi memang sepenuhnya nggak ada yang salah dengan pernyataan tersebut, tapi anggapan yang terlalu umum tentang orang introvert juga banyak menimbulkan kesalah pahaman.

Kalau lo punya temen yang cenderung pendiam, nggak banyak bergerombol dengan temen-temen lainnya, yang selalu dibilang cupu, kuper, kutu buku atau apalah itu, coba lo pahami lagi deh mereka. Karena sebenernya mereka nggak kayak gitu lho. Nih, P! jelasin beberapa hal yang sering kita salah pahami tentang orang introvert. Disimak yes1

1. Orang introvert selalu pemalu

Orang introvert tidak selalu pemalu, dan orang pemalu tidak selalu introvert. Faktanya, “pemalu” adalah salah satu atribut psikologis sedangkan introvert adalah “bawaan psikologis”. See? pemalu itu milik semua orang, namanya juga rasa malu. Masak lo nggak punya rasa malu sih?

2. Orang introvert tidak bisa sukses

Ada banyak orang-orang introvert yang sukses dan memiliki nama besar. Mereka contohnya adalah JK Rowling, Mahatma Gandhi, Bill Gates, dan Warren Buffet. Jadi, jangan takut nggak sukses ya. Sekali lagi, sukses adalah milik semua orang asalkan ada niat dan ketekunan menuju kesuksesan tersebut. Kalau lo pengen jadi penulis, maka belajarlah menulis dengan membaca banyak refrensi. Kalau lo pengen jadi chef, maka belajarlah masak. Sekarang kan banyak tuh di YouTube resep modern yang gampang untuk dipraktekkan. Tinggal lo mix aja sesuai keinginan lo dan jadilah resep rahasia ala lo hehe. 

3. Orang introvert tidak bisa bersosialisasi

Orang introvert bukan tidak bisa bersosialisasi, tapi mereka membutuhkan alasan yang kuat untuk melakukannya. Ketika mereka sudah menemukan alasan itu, tak ada alasan lagi bagi orang introvert untuk selalu menyendiri. Mau tidak mau, semua orang harus bersosialisasi sih karena kan namanya juga manusia makhluk sosial pasti butuh saling membantu ya kan.

4. Orang introvert tidak bisa berteman

Memang benar orang introvert itu susah berteman, tapi ini terjadi karena orang introvert memang pemilih. Orang introvert lebih cenderung memilih teman untuk hubungan jangka panjang, jika itu membuat mereka nyaman. Karena orang-orang introvert pada umumnya adalah pendengar yang baik, itu juga tidak membuat mereka menjadi antisosial.

5. Orang introvert tidak bisa jadi pemimpin

Ini adalah anggapan yang sangat salah. Karena menurut USA Today, 4 dari 10 eksekutif top adalah introvert. Tidak ada kaitannya antara sifat introvert dengan kemampuan menjadi pemimpin, bahkan mantan Presiden AS, Abraham Lincoln juga dipercaya sebagai orang introvert. Barrack Obama dan Mahatma Gandhi juga introvert lho, btw. 

6. Orang introvert sering berkepribadian negatif

Ini anggapan yang berasal dari kaum extrovert, mereka selalu dianggap gampang depresi alias stres. Walau bagaimanapun, lebih banyak orang extrovert di dunia ini, dan merekalah yang ‘menciptakan’ stereotype ini. Orang extrovert yang memasuki area introvert misalnya kesendirian, akan merasa tidak nyaman, sedih, dan sebagainya. Lalu mereka membayangkan bagaimana dengan orang introvert yang sudah berada di area tersebut sepanjang hidup mereka? Bagi orang introvert, kesendirian tidak selalu berarti kesepian.

7. Orang introvert tidak suka bicara di depan umum

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, orang introvert memang cenderung nggak bakalan menampakkan diri di area publik sampai mereka menemukan alasan kuatnya. Hal ini juga termasuk berbicara di depan umum. Jangan tanya orang introvert untuk berbicara tanpa tujuan, tapi ketika mereka diminta membicarakan topik yang mereka senangi, mereka akan melakukannya dengan penuh semangat!

8. Orang introvert tidak suka bersenang-senang

Hal ini juga berasal dari mindset orang extrovert. Apa arti bersenang-senang bagi semua orang bisa berbeda-beda! Mungkin orang extrovert senang datang ke party dan berada bersama banyak orang yang belum pernah mereka kenal. Tapi bagi orang introvert membaca sendirian di kamar saja sudah menyenangkan, inget deh #bahagiaitusederhana gengs hehe.

9. Orang introvert kurang percaya diri

Nah, yang ini juga syalah deh. Bahkan orang introvert bisa kelihatan charming dan outspoken seperti layaknya orang extrovert. Kurang percaya diri bisa disebabkan karena tekanan sosial, rasa gugup akan penilaian orang lain, dan sebagainya, yang semuanya itu bisa diatasi oleh siapapun dengan teknik tertentu. Nggak berhubungan dengan sifat bawaan seperti introversion. Kan biasanya ada tuh, temen kelas lo yang pendiem bangeeett ngeet ngeet. Tapi diem-diem, ternyata dia pinter fotografi. Diem-diem ternyata dia punya banyak foto candid lo ihiiiii yaelah secret admirer deh jadinya hehe.

10. Orang introvert harus disembuhkan

Sifat introvert bukanlah penyakit yang harus disembuhkan. Itu adalah bawaan dari lahir dan tidak perlu diubah. Jangan bayangkan sifat introvert adalah sesuatu yang perlu diperbaiki. Yang bisa dan perlu diperbaiki adalah rasa rendah diri, pemalu dan habit negatif lainnya yang bisa dimiliki semua orang.

Semoga dengan membaca artikel ini, lo jadi paham bahwa nggak selamanya temen lo yang introvert itu nggak baik. Karena mereka juga sama kayak kalian semua, baik yang introvert maupun yang extrovert. Semoga saling bahagia ya kalian semua!