Jangan Salah Pilih, Bahan Pakaian Ini Ternyata Berbahaya!
Ilustrasi, Sumber: Unsplash

Jangan Salah Pilih, Bahan Pakaian Ini Ternyata Berbahaya!

Jumat, 11 Okt 2019 | 19:04 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Saat membeli pakaian kita tidak hanya memilih model, harga, dan ukuran saja. Pastikan juga bahan yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut. Apalagi, saat ini banyak pakaian yang dibuat dengan bahan-bahan yang memiliki kualitas kurang baik, demi menghemat biaya produksi.

Selain tidak awet, ternyata beberapa bahan bisa berbahaya lho. Dilansir dari Mambee.com, berikut ini bahan pakaian yang perlu kamu waspadai.

Polyester

image0

Material ini merupakan bahan yang paling buruk untuk kulit. Soalnya, bahan ini mengandung banyak zat kimia bahaya yang bisa menyebabkan masalah reproduksi hingga kanker dalam jangka waktu panjang. Bahan ini juga banyak menimbulkan masalah kulit, apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Acrylic

Ternyata, bukan hanya berbahaya untuk orang saja, bahan ini juga memiliki dampak tidak baik untuk lingkungan. Sebab, acrylic bisa menyebabkan masalah bagi perempuan, seperti menjadi pemicu kanker payudara.

Rayon

Bahan pakaian rayon mengandung banyak zat kimia yang digunakan agar bahan menjadi lebih awet. Zat kimia tersebut seperti causatic soda, ammonia, acetone, dan sulfuric acid.

Nylon

Bahan pakaian ini terbuat dari petroleum. Dalam penggunaannya yang terus menerus, bahan ini bisa menyebabkan alergi pada kulit.

Sebagai solusinya, cobalah gunakan pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti wool, katun, linen, cupro, dan lain sebagainya. Mungkin akan sedikit lebih mahal, namun bahan-bahan tersebut lebih aman untuk digunakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...