Jangan Sampai Salah, Kenali Ciri-ciri Masker Medis Asli
Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Jangan Sampai Salah, Kenali Ciri-ciri Masker Medis Asli

Selasa, 6 Apr 2021 | 16:44 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Menggunakan masker saat ini adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap hari oleh masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Masker pun saat ini bisa dibeli dengan mudah, baik secara online atau offline.

Meski begitu, ketika membelinya orang-orang harus lebih waspada karena belakangan ini banyak beredar penjualan masker palsu. Masyarakat disarankan untuk membeli masker medis yang sudah memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan, agar penggunaannya lebih terjamin.

“Menghindari kesalahan pemilihan masker medis maka tenaga kesehatan dan masyarakat agar membeli masker medis yang sudah memiliki izin edar alat kesehatan dari Kemenkes dan izin edar ini juga bisa diakses melalui infoalkes.kemkes.go.id,” kata Arianti Anaya selaku Plt Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes) Kemenkes.

Selain dengan mengecek izin edar masker medis, masyarakat juga memastikan apakah masker yang dibeli palsu atau tidak, dengan melakukan beberapa cara di bawah ini.

Lulus uji lab

Masker yang telah mendapatkan izin edar dari Kemenkes, artinya telah memenuhi persyaratan mutu keamanan dan manfaat. Produk masker medis tersebut sudah lulus uji Bacterial Filtration Efficiency (BFE), Partie Filtration Efficiency (PFE), dan Breathing Resistance yang menjadi syarat untuk melindungi penggunanya dari virus serta bakteri.

Terdiri dari 3 lapis

Masker medis yang dijual di pasaran biasanya diklaim terdiri dari 3 lapis. Jika ingin mencari tahu apakah klaim tersebut benar, maka kamu bisa mencoba merobeknya dan lihat apakah masker tersebut memang benar-benar terdiri dari 3 lapisan.

Masker biasanya terdiri dari lapisan kepingan translucent (bagian atas), lapisan putih (tengah), dan kepingan berwarna (hijau, putih, atau biru).

Memiliki daya saring 95 persen

Kementerian Kesehatan mengatakan, selain telah lulus uji lab dan memiliki 3 lapisan, masker medis yang digunakan juga harus mempunyai efisiensi penyaringan bakteri minimal 95%.

Bisa menahan droplet

Masker yang digunakan oleh orang-orang bertujuan untuk melindungi penggunanya dari droplet yang dikeluarkan saat bersin atau batuk. Sehingga biasanya masker medis akan dibuat dengan bahan yang tahan air.

Untuk mengetahui apakah masker yang sudah dibeli asli atau palsu, maka cobalah melipat masker menjadi dua bagian dan tuangkan air ke dalamnya. Jika bisa menahan air, maka masker yang kamu miliki asli.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...