Jangan sembarang jajan pinggir jalan

Jangan sembarang jajan pinggir jalan

Jajanan pinggir jalan memang terlihat menggoda. Apalagi rasanya juga enak dengan harga yang sangat terjangkau, tentu menjadi daya tarik siapa saja untuk membeli. Namun, bahaya kesehatan yang mengintai pada makanan tersebut tidak sebanding dengan harganya. Satu hal yang menjadi pertimbangan adalah masalah higienitasnya. Ini alasan mengapa makanan di pinggir jalan tidak baik bagi kesehatan:

Makanan dibiarkan terbuka di udara bebas dalam waktu yang lama

Pelanggan, termasuk Anda, tidak mungkin dapat mengetahui sudah berapa lama sebuah makanan dibiarkan terbuka menunggu pembeli. Kondisi jalanan yang jelas dipenuhi polusi udara dapat mempengaruhi kehigienisan dan kondisi makanan. Akhirnya, makanan disajikan dan dikonsumsi dalam kondisi suhu yang tidak lagi layak, entah kurang panas atau kurang dingin. Kondisi makanan ini dapat menarik lalat dan hama lainnya.

Bahaya infeksi gastrointestinal

Kuman penyebab infeksi pencernaan dapat tanpa sengaja tercampur di dalam jajanan atau makanan pinggir jalan. Jenis infeksi inilah yang akan menyebabkan diare atau muntah. Orang dewasa cenderung memiliki sistem imun yang lebih kuat jika dibandingkan dengan anak-anak dan orang berusia lanjut.

Bahaya makan sambil beraktivitas

Aktivitas makan yang benar dan layak adalah makan sambil duduk. Memang berbagai jenis makanan pinggir jalan sudah dikemas dan diolah sehingga dapat dimakan di mana saja, kapan saja dan sambil melakukan apa saja, seperti hot dogs, kebab, atau kacang. Namun, tetap lebih menyehatkan untuk menyantap makanan sambil duduk agar pencernaan dapat bekerja lebih maksimal.

Terkadang, harganya lebih mahal

Ya, jajanan pinggir jalan tak selalu murah, kadang hampir sama atau bahkan lebih mahal daripada makanan bersih hasil olahan sendiri. Perbedaan harga yang tidak terlalu jauh ini seharusnya menyadarkan Anda yang punya kebiasaan makan di pinggir jalan untuk memilih makanan yang lebih bersih dan higienis.

Lupa mengecek terlebih dahulu kebersihan makanan yang dijual

Sebelum terburu-buru membeli makanan atau jajanan pinggir jalan, biasakan untuk terlebih dahulu mengecek kebersihan makanan yang disajikan. Salah satu kriteria untuk membantu Anda memilih jenis jajanan yang bersih atau tidak dapat dilihat dari apakah penjualnya memakai sarung tangan atau apakah terdapat tempat untuk mencuci tangan dan peralatan makan di sekitar lokasi jualan.

Perhatikan pula apakah makanan dibiarkan terbuka atau memiliki tempat penyimpanan yang menjaga suhu makanan. Selain itu, utamakan untuk membeli minuman bersegel agar terjamin kebersihannya.