Jangan Sembarangan! Perhatikan 4 Tips mengolah Sayuran ini!

Rani
Rani

Jangan Sembarangan! Perhatikan 4 Tips mengolah Sayuran ini!

WinNetNews.com - Sayuran yang renyah dan manis dipadu bumbu tentu enak. Agar mudah diolah, perhatikan jumlah dan potongan sayuran.

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Kamu perhatikan sebelum mengolah sayuran. Mulai dari jenis potongan hingga alat pemotongnya.

1. Ketahui jumlah sayuran

Saat melihat resep KAmu perlu membayangkan 1 kg sayuran itu seberapa banyak. Saat membeli sayuran, sesekali Kamu perlu coba menimbangnya dan mengingatnya.

Cara ini bisa membantu Kamu memperkirakan berapa jumlah sayuran yang bisa Kamu belanjakan agar tak berlebihan. Karena sayuran lebih enak dinikmati dalam keadaan segar.

2. Perhatikan potongan

Untuk memasak beberapa hidangan, tentu potongan sayuran yang digunakan berbeda. Ada bentuk korek api (julienne) yang bisa digunakan untuk memotong wortel atau lobak. Sedangkan kalau chop (cincang halus) bisa dilakukan saat memotong bawang dan dice (potongan dadu).

Makin kecil potongan sayuran akan makin cepat lunak dan lebih cepat melepaskan aroma. Misalnya saja bawang yang dicincang jika ditumis dengan mentega aromanya lebih wangi dibandingkan yang dipotong kasar.

3. Alat mengupas dan memotong sayuran

Ada beberapa alat yang bisa Kamu gunakan untuk mempermudah mengupas sayuran. Mulai dari alat pemotong nanas hingga perontok jagung (spiralizer).

Selain itu ada juga alat memotong wortel mirip seperti serutan pensil. Alat ini bernama Karoto yang dinilai dapat mengupas sayuran kurang dari 30 detik.

4. Parut sayuran

Ini menjadi cara tercepat untuk memotong sayuran dengan bentuk tipis. Misalnya sayuran seperti wortel, kentang ataupun timun yang akan Anda olah menjadi bentuk tipis bisa digunakan parutan sayur khusus untuk mempercepat pengolahan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});