Jangan Simpan Sisa Es Krim di Kulkas, Ini Bahayanya

Rusmanto
Rusmanto

Jangan Simpan Sisa Es Krim di Kulkas, Ini Bahayanya ilustrasi

Winnetnews.com - Es krim adalah salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Ada yang menjadikannya hidangan penutup setelah makan, namun kebanyakan orang menjadikannya camilan. Masalahnya adalah pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih cermat mengonsumsi es krim karena bisa menyebabkan keracunan makanan.

Es Krim yang Bisa Memicu Keracunan Makanan

Pakar kesehatan menyebut tidak semua es krim berpotensi menyebabkan keracunan makanan. Hanya saja, jika kita tidak memilih atau menyimpan es krim dengan baik, ada kemungkinan makanan ini akan menyebabkan masalah keracunan. Sebagai contoh, kita terbiasa membekukan kembali es krim yang sebenarnya sudah cair sebelumnya. Meski terlihat sebagai sesuatu yang wajar dilakukan, hal ini bisa membuat es krim menjadi kurang sehat.

Kandungan gula yang tinggi di dalam es krim bisa menjadi tempat yang cocok untuk perkembangan bakteri listeria. Jika kita menempatkan es krim di luar ruangan dan membiarkannya mencair, bisa jadi bakteri ini akan masuk ke dalam es krim. Jika kita kemudian membekukannya kembali, bakteri ini tidak akan mati dan saat kita kembali mengonsumsi es krim tersebut, bisa jadi akan menyebabkan gangguan pencernaan layaknya diare, mual-mual, hingga sensasi nyeri otot.

Hal lain yang bisa menyebabkab keracunan adalah jika kita memakai wadah atau sendok es krim yang tidak higienis. Sebagai contoh, jika kita membeli es krim namun mendapatkan sendok yang sudah terpapar debu, bisa jadi sendok ini sudah dipenuhi bakteri yang bisa saja menyebabkan keracunan atau gangguan pencernaan.

Selain itu, jika kita membeli es krim dengan sembarangan, bisa jadi di dalam es krim ini sudah terdapat bakteri salmonella yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Sebagai informasi, bakteri ini bisa ditemukan di dalam telur mentah, salah satu bahan yang bisa digunakan saat proses pembuatan es krim.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita lebih cermat dalam memilih atau menyimpan es krim demi mencegah keracunan makanan. Sebagai contoh, kita sebaiknya langsung menyimpan kembali es krim d dalam lemari es setelah mengambilnya sebagian. Selain itu, jangan menyimpan es krim di pintu kulkas atau menempatkannya dekat dengan daging mentah di dalam bagian freezer.

Apa Reaksi Kamu?