(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jangan Stress Walau Beda Pilihan dalam Pilpres 2019

Rusmanto
Rusmanto

Jangan Stress Walau Beda Pilihan dalam Pilpres 2019 istimewa

Winnetnews.com - Sikap netral sebetulnya nyaris tidak mungkin diterapkan pada debat capres hingga pemilihan presiden pada April 2019. Namun perbedaan pandangan politik tidak lantas mengakibatkan munculnya perlakuan buruk atau permusuhan dengan pihak lain.

"Sebetulnya santai saja menghadapi perbedaan pandangan dan opini politik. Kita nggak bisa netral karena tiap orang pasti punya pilihan. Sikap kita saat mengamini pilihan itulah yang menunjukkan wujud kedewasaan dan kematangan emosi kita," kata psikolog Ratih Ibrahim, Sabtu (16/02/2019).

Ratih mengingatkan untuk tetap bersikap baik (kind), menyenangkan (nice), dan ramah (friendly) terlepas dari perbedaan yang muncul. Sikap baik adalah memperlakukan orang lain seperti diri sendiri ingin diperlakukan. Salah satu contohnya adalah tetap menghormati orang lain meski memiliki banyak perbedaan.

Sikap nice, kind, dan friendly menandakan kualitas kecerdasan emosi pada diri seseorang. Kecerdasan emosi memungkinkan seseorang tetap tenang dan tidak terbawa arus untuk memperlakukan dengan buruk akibat adanya perbedaan.

"Dalam berbagai kesempatan berusahalah selalu bersikap baik, be nice pada semua orang. Jangan pernah ngomporin orang untuk berantem. Jika kamu matang dan dewasa secara emosional maka sikap inilah yang diterapkan pada semua orang," ujar Ratih.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Saran Psikolog Biar Nggak Stres Hadapi Teman yang Beda Pilihan Politik"

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});