Jangan Terkecoh, Makanan Indonesia Ternyata Lebih Sehat dari Makanan Barat
Ilustrasi: Culture Trip

Jangan Terkecoh, Makanan Indonesia Ternyata Lebih Sehat dari Makanan Barat

Minggu, 19 Jan 2020 | 19:11 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Kebanyakan dari kita memang cenderung menyenangi hal-hal baru yang berada di luar kebudayaan sendiri. Salah satu yang saat ini sedang marak adalah makanan ala barat atau western food. Berbagai jenis makanan ala barat ini sudah menyebar luas di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun kamu haru ingat untuk tidak mudah terbawa tren makanan tersebut. Pakar naturopati Joshua S. Lie, ND, BHSc (CompleMed) mengatakan bahwa makanan barat ternyata tidak lebih sehat daripada makanan Indonesia.

“Makanan barat itu kalau kita bilang tipikal diet ala barat seperti pizza, burger, dan sosis, sebenarnya mengandung sodium, lemak, proses, dan tepung tinggi,” kata Joshua, dilansir dari Suara.com, Minggu (19/01).

image0
Makanan ala barat (fast food) (foto: The Jakarta Post)

Menurut Joshua, orang-orang dengan gaya hidup praktis yang cenderung minum soft drink, akan rentan terkena penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, diabetes, ginjal, dan sebagainya.

Hal ini tentu berbeda dengan makanan Indonesia yang masih menggunakan bahan-bahan asli , tanpa menggunakan process food atau makanan olahan seperti sosis dan nugget.

“Secara umum, makanan Indonesia itu lebih sehat karena kebanyakan nasi dan bukan tepung. Kemudian mayrotias dari kita juga masih mengonsumsi sayur dan lalapan. Daging yang kita konsumsi umumnya juga yang masih segar dan tidak melalui proses pengolahan,” jelas Joshua.

image1
Masakan Indonesia (foto: Villa Finder)

Namun, Joshua tidak memungkiri bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh para pengolah masakan Indonesia agar tidak banyak melalui proses penggorengan yang banyak menggunakan minyak. Selain itu, beberapa makanan Indonesia juga sangat kental dengan santan, contohnya adalah masakan Padang.

“Suka makan gorengang sebenarnya bukan perkara tempe atau tahunya. Tapi cara penyajiannya yang masih digoreng. Makanan yang digoreng dengan minyak sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Lebih lagi kita banyak makan santan,” lanjutnya.

“Tapi kalau dari sumber makanan sendiri kita sebenarnya sudah bagus karena ada tomat, cabai, dan rempah-rempah,” pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...