Jangan Terlalu Asik Menggunakan Ponsel Saat BAB, Ini Akibatnya
ilustrasi

Jangan Terlalu Asik Menggunakan Ponsel Saat BAB, Ini Akibatnya

Kamis, 25 Jul 2019 | 13:31 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Sebuah penelitian yang dilakukan di Singapura menghasilkan fakta yang menarik, yakni penggunaan ponsel sehari-hari yang kita lakukan ternyata berandil besar dalam memicu peningkatan kasus wasir atau ambeien. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kaitan antara ponsel dan wasir

Dr. Jason Lim dari Mount Elizabeth Novena Hospital, Singapura, menyarankan kita untuk tidak lagi membawa ponsel saat buang air besar. 

Meski cukup menyenangkan untuk dilakukan karena bisa membuat kita mengecek media sosial, berselancar, atau melakukan hal-hal lainnya saat buang air besar, dalam realitanya kebiasaan melakukannya bisa meningkatkan risiko wasir dengan signifikan.

Hal ini disebabkan oleh kecenderungan untuk membuat kita menjadi lebih asyik memainkannya di toilet dan akhirnya membuat waktu buang air besar menjadi lebih lama. Padahal, semakin lama kita berada dalam posisi buang air besar, semakin meningkat pula kemungkinan pembentukan wasir di bagian anus.

“Dulu, kebiasaan malas mengonsumsi serat atau kurang minum menjadi penyebab utama munculnya wasir, namun kini faktor penyebab masalah kesehatan ini bertambah dengan kecenderungan banyak orang untuk memainkan ponsel saat buang air besar,” ucap dr. Lim.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...