Jangan Terlalu Berlebihan Minum Teh di Pagi Hari, Ini Alasannya
ilustrasi

Jangan Terlalu Berlebihan Minum Teh di Pagi Hari, Ini Alasannya

Sabtu, 1 Agt 2020 | 06:41 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bangun di pagi hari merupakan perjuangan bagi banyak orang. Karena itu, banyak orang lebih suka memulai hari mereka dengan secangkir teh panas, yang dipercaya bisa membuat tubuh menjadi segar dan rileks.

Ada semua jenis teh yang tersedia saat ini, masing-masing dengan rasa yang kaya dan manfaat kesehatan. Tetapi beberapa orang tidak mengetahui bahwa meminum teh dengan perut kosong justru memberikan efek bagi kesehatan tubuh.

Berikut 3 alasan untuk tidak berlebihan mengonsumsi teh di pagi hari, dikutip dari Ndtvfood:

1. Mengganggu aktivitas metabolisme

Minum teh di pagi hari dapat mengganggu sistem metabolisme karena ketidakseimbangan zat asam dan basa dalam perut yang dapat mengganggu aktivitas.

2. Dehidrasi

Menurut Lokendra Tomar, Pelatih Penurunan Berat Badan dan Kesehatan, teh bersifat diuretik yang dapat menghilangkan air dari tubuh, sehingga teh hanya akan menambah keadaan dehidrasi setelah bangun tidur.

Dehidrasi berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan mineral yang menyebabkan kram otot.

3. Mengganggu kesehatan mulut

Ketika mengkonsumsi teh di pagi hari, bakteri di mulut akan memecah gula yang menyebabkan peningkatan kadar asam di mulut dan ini dapat menyebabkan erosi pada gigi. Bahkan dapat menyebabkan penumpukan bakteri yang berlebihan.

4. Mual

Kandungan kafein di dalam teh memang bisa meningkatkan energi untuk tubuh. Namun, ketika minum teh dengan perut kosong, akan menimbulkan mual dan muntah karena kandungan kafeinnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "4 Alasan Minum Teh di Pagi Hari Tidak Perlu Berlebihan"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...