Jangan Tidur Memakai Lensa Kontak

Jangan Tidur Memakai Lensa Kontak

image0

Bagi yang tidak suka memakai kacamata untuk mengoreksi penglihatan mereka, lensa kontak bisa menjadi pilihan. Sayangnya, hampir 99 persen pengguna lensa kontak belum menerapkan kebiasaan higienis.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pengguna lensa kontak adalah tidur tanpa melepas lensa kontak. Dalam survei di Amerika, sekitar 50-87 persen orang melakukannya.

Melepaskan lensa kontak lalu membersihkan dan menyimpannya di cairan khusus sebelum tidur memang terasa merpotkan. Tetapi kebiasaan tidur dengan masih memakai lensa kontak harus dihilangkan.

Tidur dengan lensa kontak, meski hanya sebentar seperti tidur siang, bisa menyebabkan abrasi mikro (sayatan kecil) di mata. Ini seperti membuka jalan bagi bakteri untuk masuk ke kornea dan menyebabkan infeksi. Dampak paling berbahaya dari infeksi tersebut adalah kebutaan.

Tidur tanpa melepaskan lensa kontak juga bisa mengurangi sensasi di kornea. Akibatnya kita tak langsung merasakan infeksi sehingga penanganannya bisa terlambat.

Selain itu jaringan mata sangat membutuhkan oksigen agar penglihatan tetap tajam. Kekurangan oksigen, pada kasus yang ekstrem, juga bisa menyebabkan terbentuknya pembuluh darah kecil di kornea dan lama kelamaan menghalangi penglihatan.