Jarang Diketahui, Ini Sederet Manfaat Kelengkeng untuk Kesehatan
Foto: draxe.com

Jarang Diketahui, Ini Sederet Manfaat Kelengkeng untuk Kesehatan

Senin, 11 Jan 2021 | 14:43 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kelengkeng merupakan salah satu buah tropis yang dikonsumsi masyarakat. Buah ini termasuk ke dalam famili soapberry (Sapindaceae), sama seperti leci dan rambutan.

Buah kelengkeng bisa dimakan secara langsung atau terkadang dikemas ke dalam kaleng. Jarang diketahui, ternyata buah ini mempunyai sederet manfaat bagi kesehatan tubuh, karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Dirangkum dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah kelengkeng.

Meningkatkan imunitas

Buah kelengkeng adalah sumber vitamin C yang baik, antioksidan yang larut dalam air beperan besar dalam memperkuat kekebalan dan menangkal penyakit. Vitamin C memiliki kemampuan ampuh untuk membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

Melancarkan pencernaan

Buah kelengkeng kaya akan serat. Serat diketahui membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga kotoran dapat keluar dari usus dengan benar. Buah ini juga bisa meningkatkan bakteri usus, sehingga menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Mengatasi insomnia

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Current Neuropharmacology tahun 2014, menunjukkan bahwa buah kelengkeng dapat meningkatkan kemudahan untuk tidur dan durasi tidur.

Meningkatkan daya ingat

Buah kelengkeng dapat membantu mendungkung fungsi kognitif dan daya ingat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kelengkeng mampu meningkatkan pembelajaran dan memori, dengan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup saraf yang belum matang.

Mengatasi kecemasan

Anxiety adalah salah satu gangguan mental yang menyebabkan seseorang merasa khawatir atau cemas berlebih, sehingga menganggu aktivitas sehari-hari. Dalam pengobatan tradisional China, teh buah kelengkeng dapat membantu mengurangi perasaan cemas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...