Jarang Disadari, 4 Benda di Kamar yang Ternyata Toksik
Foto: Pixabay

Jarang Disadari, 4 Benda di Kamar yang Ternyata Toksik

Kamis, 5 Nov 2020 | 16:43 | Nurul Faradila
Winnetnews.com -  Kamar menjadi salah satu tempat kita menghabiskan banyak waktu, saat berada di rumah. Selain untuk beristirahat di malam hari, kamar juga menjadi salah satu tempat yang nyaman saat ingin bersantai.

Akan tetapi, jika kita tidak berhati-hati, ruangan yang seharusnya menjadi tempat untuk memunculkan mimpi indah, malah bisa menimbulkan “mimpi buruk”. Benda-benda yang ada di kamar kita, ternyata tanpa disadari dapat memberikan masalah kesehatan bagi kita lho. Mengutip The Healthy, berikut adalah beberapa benda yang di kamar yang sebenarnya toksik untuk kesehatan.

Cat

bantal
Foto: Pexels/Malte Luk

Dinding yang baru dicat memang akan terlihat indah, tapi sebenarnya itu dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius. Beberapa cat dan produk terkait mengeluarkan senyawa organik yang mudah menguap (VOC). Penelitian yang diterbitkan pada 2019 di International Journal of Scientific Research and Review menunjukkan bahwa cat bisa menjadi sumber utama VOC di rumah. VOC juga dikaitkan dengan kerusakan organ dan kanker, dilaporkan oleh American Lung Association.

Untuk meminimalkan resiko, pastikan ruangan yang dicat mempunyai ventilasi yang baik. Selanjutnya biarkan cat mengering sendiri sekitar 24 jam dan pilih cat dengan VOC yang rendah atau nol.

Bantal

bantal
Foto: Pexels/Tatiana Syrikova

Jamur, tungau debu, dan alergen bisa saja menunumpuk di bantal yang kita gunakan sehari-hari. “Tungau debu dapat menumpuk dan menimbulkan masalah alergi serius yang mungkin kamu salahkan pada hal lain,” ujar Kimberley Button, konsultan bersertifikat di International Well Being Building Institute.

Dia menyarankan untuk menggunakan bantal dengan bahan yang tahan terhadap tunga debu, seperti lateks alami atau wol. Meskipun sedikit lebih mahal, namun bantal dengan bahan tersebut dapat mencegah masalah kesehatan jangka panjang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...