Jarang Disadari, 4 Makanan Ini Ternyata Penyebab Diabetes

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Jarang Disadari, 4 Makanan Ini Ternyata Penyebab Diabetes

Winnetnews.com - Selama ini pemahaman masyarakat tentang penyebab utama penyakit diabetes adalah gula. Padahal ada beberapa makanan lain yang juga bisa memicu diabetes.

Kalian tahu kan kalau diabetes itu penyakit yang diakibatkan kelebihan gula dalam tubuh. Kadar gula yang tinggi membuat pankreas tidak punya cukup insulin untuk memecah semuanya.

Yuk simak daftar makanan yang bisa tingkatkan resiko diabetes di bawah ini. Supaya kamu bisa mengontrol makanan dan memulai gaya hidup sehat.

Makanan Yang mengandung lemak jenuh

Cermatlah melihat kandungan dalam makanan kemasan. Perhatikan apakah dia megandung lemak jenuh (saturated fat) atau tidak. Lemak jenuh ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan kolesterol. Naiknya kadar kolesterol ini secara tidak langsung meningkatkan terjadinya diabetes tipe 2.

Makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans (trans fat) menjadi penyebab paling umum dari kanker di dalam tubuh manusia. Ternyata, lemak trans juga punya kaitan erat dengan diabetes.

Seperti halnya lemak jenuh, trans fat menyebabkan lonjakan kadar kolesterol yang juga memicu terjadinya diabetes tipe 2. Makanan yang bisa mengandung lemak trans adalah: pie, margarin, muffin, makanan beku dsb.

Daging merah

Studi terbaru menyatakan bahwa daging merah punya kaitan yang cukup erat dengan diabetes. Biasanya daging merah digunakan sebagai bahan steak.

Penelitian tahun 2011 oleh The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa setiap satu ons daging merah yang dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan resiko diabetes hingga 19%.

French Fries

Kentang pada dasarnya memang kaya akan gula dan karbohidrat. Proses memasak French Fries membuat makanan ini menjadi semakin tinggi lemak trans. Akibatnya, kadar gula darah kamu bisa saja melonjak tajam.

Apa Reaksi Kamu?