Jarang Ganti Sampo Membuat Rambut Mudah Rusak?

Rusmanto
Rusmanto

Jarang Ganti Sampo Membuat Rambut Mudah Rusak? ilustrasi
Winnetnews.com -  Sampo bisa menjaga kesehatan rambut. Di sisi lain juga bisa membuat rambut rusak, misalnya ketika Anda salah pilih sampo. Lantas, kalau menggunakan sampo yang sama terus-menerus dalam waktu lama, apakah bisa membuat rambut rusak?

Pakai sampo yang sama terus bikin rambut rusak?

Anda mungkin pernah mendengar gonta-ganti sampo terlalu cepat, bisa membuat rambut rusak. Ya, ini memang benar, salah satu masalahnya adalah dermatitis kulit kepala.

Bahan kimia yang terkandung pada sampo, seperti parfum, pewarna, dan zat lain bisa mengiritasi kulit. Ini menyebabkan kulit gatal, kemerahan, dan mengelupas.

Melihat adanya kemungkinan masalah kulit kepala akibat sering gonta-ganti sampo akhirnya membuat Anda tetap setia pada satu sampo. Namun, ada pula yang menyebutkan, tidak pernah ganti sampo dalam jangka panjang bisa menyebabkan rambut rusak. Apa benar?

Sebenarnya, konsisten menggunakan sampo yang sama, tidak membuat rambut rusak. Akan tetapi, secara perlahan zat aktif yang ada pada sampo tidak lagi ampuh mengatasi masalah pada rambut.

Contohnya, Anda menggunakan sampo A karena berketombe. Pada pemakaian bulan pertama dan seterusnya, Anda merasakan khasiat sampo. Namun, secara perlahan, rambut Anda kembali berketombe.

Masalah rambut yang kembali muncul, membuat Anda berpikiran bahwa rambut jadi rusak karena sampo yang sama terus. Padahal tidak.

Masalah rambut tersebut yang kembali kambuh, atau bahkan makin parah terjadi karena sampo tidak lagi efektif melindungi dan menjaga rambut.

Apa Reaksi Kamu?