Jarang Makan Nasi, Salah Satu Penyebab Seseorang Mudah Marah

Jarang Makan Nasi, Salah Satu Penyebab Seseorang Mudah Marah

wingamers.com - Nasi merupakan sumber karbohidrat yang menjadi makanan pokok massyarakat Indonesia. mengkonsmsi karbohidrat dalam jumlah banyak dapat memicu kegemukan. Oleh sebab itu banyak orang yang memilih untuk tidak mengkonsumsi nasi (karbohidrat) demi menurunkan berat badannya menjadi lebih idel. Namun kekurangan karbohidrat yang kaya akan sumber energi dapat mengakibatkan beberapa masalah, diantaranya seseorang akan menjadi lebih mudah marah.

Sering kita mendengar guyonan orang Indonesia yang mengatakan bahwa, "Jika orang lapar maka akan menjadi lebih galak". Hal ini kiranya sesuai dengan laporan orang-orang  yang mengikuti diet rendah karbo secara konsisten bahwa mereka memiliki perasaan yang lebih sensitif, stres, dan lelah. Walaupun pada akhirnya mereka tetap berhasil menurunkan berat badan.

Salah satu penyebabnya mungkin karena karbohidrat sangat penting bagi tubuh untuk memproduksi serotonin, hormon di otak yang bertanggungjawab meningkatkan semangat dalam diri seeorang.

Dilansir dari situs Tribun tentang penelitian di tahun 2009 yang mengikut sertakan 106 orang dengan obesitas dan kelebihan bera badan yang menjalani diet rendah karbo ataupun diet rendah lemak selama setahun. Hasilnya, kedua kelompok yang menjalankan diet karbo maupun diet rendah lemak sama-sama berhasil menurunkan berat badan mereka. Namun bagi mereka yang diet rendah karbo mengalami perubahan suasana hati yang buruk dari waktu ke waktu, jika dibandingkan dengan kelompok yang menjalani diet rendah lemak.