Jarang Menstruasi dan Berjerawat Parah, Kenapa Ya?
Ilustrasi: approby.com

Jarang Menstruasi dan Berjerawat Parah, Kenapa Ya?

Minggu, 15 Des 2019 | 16:24 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Beberapa wanita di dunia mungkin pernah menemui kasus dimana mereka tidak mengalami menstruasi selama berbulan-bulan lamanya. Kondisi ini terjadi dimana mereka sama sekali tidak menggunakan alat kotrasepsi seperti pil KB dan lain sebagainya. Kondisi jarang menstruasi ini seringkai dibarengi dengan wajah berjerawat parah yang tak kunjung sembuh. Penyakit apakah ini?

Dilansir dari Liputan6, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menjelaskan bahwa kondisi tersebut disebabkan karena perempuan memproduksi hormon androgen secara berlebihan.

“Hormon ini ada pada pria dan wanita, berfungsi sebagai hormon reproduksi,” kata Hasto.

Hormon androgen diproduksi di ovarium, layaknya estrogen. Hormon ini bisa menentukan tingkat kesuburan sesorang.

“Kalau kelebihan hormon androgen bisa memicu menstruasi tidak teratur. Bahkan dalam kasus terburuk, perempuan bisa tidak menstruasi sama sekali atau dalam jangka waktu yang lama sekali. Jika sudah seperti ini, sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan ke dokter,” papar dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan feritilitas ini.

image0
Ilustrasi: Healthline

Selain itu, Hasto juga memparkan ciri-ciri wanita yang mengalami kelebihan hormon androgen ini. Salah satu ciri-cirinya adalah tumbuh rambut lebat di area tubuh. Muncul kumis dan rambut di bagian dada dan perut.

“Efek lainnya adalah wanita jadi lebih sulit hamil. Isilah yang sering disebut dengan ovarium sindrom (PCOS),” ujar Hasto.

Untuk pengobatan, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan anti androgen. Obat ini mengandung siproteron astetat, anti-androgen yang bisa membantu mengurangi hormon tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...