Jelang Akhir Pekan, Rupiah Dibuka Stagnan di Level Rp 13.938 per USD

Muchdi
Muchdi

Jelang Akhir Pekan, Rupiah Dibuka Stagnan di Level Rp 13.938 per USD ilustrasi

WinNetNews.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih betah bertahan di level Rp 13.900 per USD. Pagi ini, Rupiah dibuka di level Rp 13.938 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan akhir pekan lalu Rp 13.939 per USD.

Seperti dikutip dari situs Merdeka dari data Bloomberg,Jakarta, Jumat (4/5/2018), Rupiah terus bergerak melemah usai pembukaan. Tercatat, Rupiah sempat berada di 13.950 per USD namun menguat kembali. Saat ini, Rupiah berada di Rp 13.943 per USD.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo angkat suara soal pelemahan nilai tukar Rupiah yang nyaris menyentuh level Rp 14.000 per USD. Hari ini saja, Rupiah dibuka melemah pada level 13.955 per USD. Menurutnya, hal ini tak bisa hanya dilihat dari nominalnya, tetapi harus dilihat dari persentasenya.

"Karena presentase kita walaupun ada depresiasi, depresiasi kita itu pasti lebih kecil dibandingkan depresiasi negara lain, misalnya tadi tetangga kita Turki, Brasil ataupun seperti India. Jadi yang menjadi tantangan kita adalah Rupiah belum redenominasi mata uang," kata Agus, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (3/5).

Agus menjelaskan, saat ini USD 1 nilainya sama dengan 5 digit angka Rupiah, sedangkan mata uang lain USD 1 sama dengan 1 digit mata uang negaranya. "Jadi persentase kecil seolah-olah jumlahnya besar," ujarnya.

Apa Reaksi Kamu?