(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jelang Aksi 299, Polri Siapkan Rekayasa Lalin

Rusmanto
Rusmanto

Jelang Aksi 299, Polri Siapkan Rekayasa Lalin ilustrasi

WinNetNews.com - Kepolisian berencana melakukan pengalihan arus lalu lintas dalam rangka adanya Aksi 299 di sekitar gedung DPR pada hari ini. Pengalihan arus kendaraan ini bersifat situasional. 

"Pelaksanaan rekayasa lalu lintas dalam bentuk alih arus, buka tutup akan dilaksanakan fleksibel melihat perkembangan situasi di lapangan," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Kamis (28/9).

Aksi akan digelar seusai salat Jumat. Diperkirakan, massa sudah berkumpul di depan gedung DPR sebelum tengah hari.

Untuk masyarakat yang akan berkendara di sekitar gedung DPR/MPR, berikut rute yang direkayasa polisi selama Aksi 299 berlangsung:

  1. Arus lalu lintas dari Cawang arah Slipi dialihkan ke Jl Gerbang Pemuda - Palmerah - Permata Hijau atau ke Slipi - Jl S Parman dan seterusnya.
  2. Arus dari Lapangan Tembak arah Slipi diluruskan ke Layang Farmasi- Benhil - Penjernihan - Pejompongan - Slipi - Jl S Parman dan seterusnya.
  3. Arus lalu lintas keluar di Off ramp Pulau Dua diluruskan keluar Slipi Jaya.
  4. Arus lalu lintas dalam tol yang keluar/ Off ramp Senayan diluruskan keluar Semanggi.
  5. Off ramp (keluar Tol Polda) dilakukan buka tutup.

Alih arus diberlakukan berdasarkan kondisi lalu lintas terkini.

Aksi 299 digagas Presidium 212 sebagai bentuk penolakan sejumlah ormas Islam atas Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas dan menolak kebangkitan PKI. Aksi ini rencananya dilakukan di depan gedung DPR/MPR, usai salat Jumat.

Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Ma'arif sebelumnya menyampaikan sekitar 50 ribu peserta agar ikut berpartisipasi.

"Berdasarkan laporan massa pada Jumat, itu 50 ribu. Itu prediksi kami yang akan ikut aksi," kata Slamet di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/9).

Sementara untuk mengamankan aksi ini, Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 20 ribu personel. Pasukan Brimob Nusantara sebanyak 50 Satuan Setingkat Kompi (SSK) turut mempertebal pengamanan bersama TNI. (detikcom)

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});