Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Depok Diperiksa

Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Depok Diperiksa

Jumat, 12 Agt 2016 | 14:40 | Rusmanto
WinNetNews.com - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok akan turun ke lapangan untuk memeriksa hewan kurban mulai H-10 jelang Idul Adha 12 September mendatang.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok Etty Suryahati mengatakan, Distankan akan mengirimkan tim beranggotakan 18 orang pada 1-2 September 2016. "Tim akan disebar ke 11 kecamatan di Kota Depok yang bertugas hingga hari H Idul Adha," kata Etty di Depok, Jawa Barat, Jumat (12/8).

Berdasarkan data Distankan Kota Depok, terdapat 408 lapak hewan kurban se-Kota Depok dengan ketersediaan hewan ternak 29.000 ekor. Adapun jumlah titik potong sebanyak 7.000-8.000 lokasi. “Jumlah ini naik setiap tahunnya sebanyak 10 persen karena permintaan masyarakat yang terus meningkat,” kata dia.

Etty mengatakan, pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban dibagi dalam tiga tahap, yakni pemeriksaan lapak, ante mortem yakni pemeriksaan hewan kurban sebelum dilakukan penyembelihan, serta post mortem yaitu pemeriksaan hewan kurban setelah penyembelihan.

Etty mengimbau kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pembinaan terhadap para pedagang hewan kurban. Hal ini dirasa perlu guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan panitia kurban dalam rangka penyembelihan hewan. “Tujuannya agar memenuhi standarisasi kesejahteraan hewan dan penerapan higienis sanitasi," pungkas Etty.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...