Jelang Indonesia U-22 vs Kamboja U-22: Wajib Menang demi Tiket Semifinal

Daniel
Daniel

Jelang Indonesia U-22 vs Kamboja U-22: Wajib Menang demi Tiket Semifinal Foto: Tirto

Winnetnews.com - Timnas Indonesia U-22 bakal menghadapi laga penentuan lolos atau tidaknya dari babak penyisihan grup Piala AFF U-22. Lawan yang akan dihadapi pada laga pamungkas hari ini adalah tuan rumah Kamboja yang sejauh ini masih belum terkalahkan.

Amannya, timnas memang wajib memetik tiga angka pada laga kali ini jika memang ingin lolos ke babak semifinal. Di atas kertas peta kekuatan Timnas U-22 masih diunggulkan ketimbang tim tuan rumah.

Namun dua laga tanpa kemenangan dan hanya meraih hasil imbang wajib dievaluasi. Sebagai pengingat, Timnas U-22 kita hanya bermain imbang di dua laga yakni 1-1 ketika melawan Myanmar, dan 2-2 saat berhadapan dengan Malaysia.

Meski demikian permainan Dimas Drajad dan kompatriotnya sudah menunjukkan progres yang positif. Pada laga melawan Mynamar sebagai partai pembuka, terlihat sekali Garuda Muda tidak terbiasa bermain di lapangan sintetis yang digunakan.

Alhasil mereka telat panas dan tertinggal lebih dulu, sebelum akhirnya menyamakan kedudukan pada babak kedua. Lalu pada match kedua melawan Malaysia, faktor konsentrasi pemain jadi sorotan. Sempat unggul dua kali atas Harimau Malaya, anak asuh Indra Sjafri dipaksa membawa pulang satu poin di akhir laga.

“Saya optimistis tadi kami bisa meraih kemenangan. Akan tetapi, dalam sepak bola apa pun bisa terjadi. Perjuangan para pemain kita apresiasi,” kata Indra Sjafri dikutip dari laman resmi PSSI.

Hal-hal seperti ini yang haram terjadi pada laga pamungkas yang akan dilangsungkan sore ini pukul 18.30 WIB. Kamboja memiliki kecepatan dan mental bertanding luar biasa. Bermain di depan pendukung sendiri terbukti membuat mereka begitu garang dan sukses memetik tiga angka di dua laga.

Sebenarnya kondisi sedikit berpihak kepada Garuda Muda. Kamboja yang sudah memastikan satu tiket ke babak semifinal akan bermain jauh lebih nyaman dan tanpa dibebani harus lolos ke babak selanjutnya. Dengan kata lain, para pemain kita bisa menekan sejak awal dan mencari gol cepat.

“Hari ini (kemarin) kmai latihan seperti biasa persiapa untuk laga selanjutnya. Hasil dari evaluasi tim kita dan hasil dari pengamatan calon tim lawan. Latihan dibagi dua kelompok, low intensity untuk pemain yang main penuh, sedangkan high intensity bagi yang lain,” tukas Indra Sjafri.

Indonesia untuk sementara masih berada di posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan koleksi dua poin hasil dari dua hasil imbang. Posisi Indonesia masih rawan sebab Malaysia dan Myanmar masih membuntuti di posisi tiga dan empat dengan koleksi satu poin, atau terpaut satu poin saja dari skuad Garuda Muda.

Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia U-22:

Awan Setho; Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Andy Setyo (C), Samuel Christianson; Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi, Gian Zola; Billy Keraf, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar.

Apa Reaksi Kamu?