Jelang May Day, Ribuan Buruh Siap Kepung Istana
ilustrasi

Jelang May Day, Ribuan Buruh Siap Kepung Istana

Selasa, 25 Apr 2017 | 07:15 | Rusmanto

WinNetNews.com - Meski peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day masih seminggu lagi (1 Mei), berbagai persiapan telah dilakukan. Rencananya akan ada aksi masa yang melibatkan 150 ribu buruh se-Indonesia.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, kaum buruh yang memperingati May Day 2017 berasal dari Jabodetabek, Karawang, Purwakarta, Serang, dan Cilegon. Rencananya, aksi jalanan ini menyasar Istana Negara.

"Dipastikan peringatan May Day 2017, tepatnya 1 Mei akan diperingati buruh dengan menggelar aksi," kata Said dalam keterangan tertulisnya kepada media di Jakarta, Senin (24/04/2017).

Menurut Said, buruh berjalan kaki (longmarach) dari berbagai wilayah pinggiran ibu kota menuju Patung Kuda, Jakarta Pusat, yang dijadikan titik kumpul. Setelah itu, buruh melanjutkan longmarch ke Istana, diperkirakan tiba di istana pada pukul 12.00 WIB.

"Ada yang dimulai dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) longmarch ke Istana, ada juga yang dimulai Salemba longmarch ke Istana, dan ada juga yang dimulai dari Cempaka Putih longmarch ke Istana," papar Said.

Di tempat Presiden Joko Widodo bekerja, kata Said, para buruh akan melakukan orasi hingga pukul 19.00 WIB. Ada beberapa hal yang mejadi tuntutan, yaitu hapus outsourcing dan pemagangan, pemberian jaminan sosial serta tolak upah murah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...