Jelang Pilkada, MUI Jateng Serukan Begini Untuk Umat Islam
Sumber foto : Istimewa

Jelang Pilkada, MUI Jateng Serukan Begini Untuk Umat Islam

Rabu, 27 Jun 2018 | 00:15 | Oky

Winnetnews.com - Seluruh umat Islam hendaknya menggunakan hak pilih dalam Pilkada Jawa Tengah yang akan dilaksanakan serentak pada Rabu (27/6/2018) mendatang.

Seruan tersebut disampaikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah dalam siaran persnya, Senin (25/6/2018).

Seperti diketahui, pelaksanaan pilkada serentak di Jateng meliputi pemilihan pasangan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan pasangan bupati/wali kota beserta wakilnya di tujuh daerah.

"Memilih pemimpin dalam Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah dan imaroh dalam kehidupan bersama," kata Ketum MUI Jateng KH Ahmad Darodji.

Sebab itu, tegas dia, umat Islam wajib menggunakan hak pilih dan mendukung pasangan calon (paslon) kepala daerah dengan mengutamakan persaudaraan dan perdamaian serta menghindari konflik antarsesama sebagaimana Fatwa/Ijtima Ulama 2009 mengenai hak pemilih dalam pemilu.

Dia menjelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada Jateng merupakan ikhtiar bersama untuk membangun provinsi ini menuju lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Maka umat Islam hendaknya menggunakan hak pilih pasangan calon kepada daerah yang amanah sesuai hati nurani," katanya.

Pihaknya berharap dalam Pilkada jangan sampai ada unsur paksaan.

"Siapa pun tak boleh memaksakan pasangan calon yang akan dipilih," kata Darodji.

Menurutnya, jika ada yang memaksa pemilih untuk memilih pasangan calon tertentu, hal tersebut masuk kategori pelanggaran pemilu dan layak diproses hukum.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...