Jelang Pilkada Serentak, Banyak Kepala dan Wakil Kepala Daerah Ajukan Cuti
ilustrasi

Jelang Pilkada Serentak, Banyak Kepala dan Wakil Kepala Daerah Ajukan Cuti

Kamis, 18 Jan 2018 | 13:48 | Rusmanto

WinNetNews.com - Pemprov Jabar sudah menerima pengajuan cuti kampanye petahana yang berlaga di Pilkada serentak 2018. Tercatat 19 petahana kepala dan wakil kepala daerah yang mengajukan cuti.

Ketua Desk Pilkada Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan para kepala dan wakil kepala daerah yang mengajukan cuti yakni 8 bupati (Tasikmalaya, Kuningan, Subang, Garut, Cirebon, Sumedang, Ciamis, dan Purwakarta). Selain itu, tutur dia, ada tiga orang 3 wakil bupati (Garut, Majalengka, dan Ciamis), 5 wali kota (Cirebon, Banjar, Bogor, Bekasi, dan Bandung), serta 3 wakil wali kota (Bekasi, Sukabumi, dan Bandung). 

"Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016, 19 orang petahana dimaksud telah mengajukan permohonan cuti di luar tanggungan negara (cuti kampanye)," kata Iwa dalam Rakor Desk Pilkada Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (18/1/2018).

Menurut Iwa, permohonan cuti kampanye tersebut telah selesai diproses serta akan diberikan kepada Pemerintah Daerah yang bersangkutan dalam waktu dekat. Cuti bagi para pimpinan daerah berlaku usai penetapan.

"Penetapan calon dari KPU kalau enggak salah 12 Februari, setelah itu mereka sudah bebas tugas," ujarnya.

Ia menyebut terdapat 3 pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov Jabar dan 11 PNS kabupaten serta kota dan kementerian, yang mencalonkan diri pada Pilkada serentak 2018. Sesuai peraturan, mereka harus mengundurkan diri sebagai PNS.

"Sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, ASN (aparatur sipil negara) dimaksud wajib mengundurkan diri sejak ditetapkan sebagai pasangan calon. Adapun mekanisme pemberhentiannya dilakukan sesuai prosedur kepegawaian oleh masing-masing Badan Kepegawaian Daerah," ucap Iwa. (detikcom)
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...