Jelang Puasa Cabai Rawit Merah Ikut Merangkak Naik
ilustrasi

Jelang Puasa Cabai Rawit Merah Ikut Merangkak Naik

Kamis, 11 Mei 2017 | 17:13 | Rusmanto

WinNetNews.com - Tak hanya bawang putih, menjelang bulan puasa harga bahan pokok lain seperti cabai juga mengalami kenaikan harga. Meski harga cabai dinilai tidak bisa diprediksi karena kerap berubah, tapi perubahan harga itu cenderung melonjak.

"Cabai mah enggak tentu, kadang pagi sama sore beda harganya. Tapi sekarang naik terus," ungkap seorang pedagang bawang di Pasar Minggu, Tini (68).

Menurut pantauan yang dilakukan di Pasar Minggu, harga cabai merah keriting Rp 40.000/kg dari harga normalnya Rp 30.000/kg.

Sementara harga cabai rawit merah naik menjadi Rp 70.000/kg, dari sebelumnya sekitar Rp 50.000/kg. Pembeli mengeluh dengan lonjakan harga ini, apalagi terjadi mendekati bulan Ramadan.

"Mahal banget sih, belum bulan puasa juga sudah naik. Apalagi bulan puasa nanti. Tapi semoga bulan puasa turun deh," kata seorang pembeli Atika.

Kendati demikian Atika mengaku tidak bisa bertindak banyak, selain mengurangi jumlah pembelian.

"Mau enggak beli juga enggak bisa, entar masakannya enggak sedap. Ya tetap beli, tapi dikurangin," ujarnya.

Di sisi lain kenaikan harga cabai dan bawang putih ternyata tidak diikut harga bawang merah yang tetap stabil di harga Rp 25.000-Rp 30.000 per kg. Hal tersebut diakui pedagang lantaran pasokan yang terus tersedia.

"Asal di sananya (Pasar Induk) stok ada terus, pasti harganya enggak naik," ujar Tini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...