Jelang Putusan MK, Hakim: Kami Hanya Tangani Gugatan yang Merubah Perolehan Suara

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Jelang Putusan MK, Hakim: Kami Hanya Tangani Gugatan yang Merubah Perolehan Suara
Winnetnews.com -  Mahkamah Konstitusi (MK) menegaskan kembali bahwa pihanyaknya akan bertindak dalam sengketa yang berdasarkan seslisih hasil Pemilu saja. Menurut hakim MK, perselisan yang dianggap dapat mempengaruhi perolehan suara adalah satu-satunya gugatan yang dapat diajukan.

"Perihal perselisihan hasil pemilu, melacak struktur penyusunan norma secara sistematis perselisihan hasil pemilu merupakan kelompok masalah hukum pemilu ketiga yang diatur dalam buku keempat undang-undang 7/2017. Perselisihan hasil pemilu didefinisikan sebatas perselisihan antara KPU dengan peserta pemilu mengenai penetapan hasil perolehan suara secara nasional, perselisihan itu pun dibatasi hanya perselisihan hasil suara yang dapat mempengaruhi perolehan kursi baik dalam pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD maupun pemilu presiden dan wakil presiden hanya dapat diajukan terhadap hasil penghitungan suara yang mempengaruhi hasil perhitungan suara," Ujar Hakim MK, Suhartoyo,Kamis (27/6/219).

Suhartoyo mengatakan bahwa gugatan diluar dari itu tidak dapat diajukan karena tidak terkait dengan perselisihan perolehan suara yang dapat mempengaruhi dipilihnya seorang calon pada Pilpres 2019 lalu.

“Keberatan yang dapat diajukan kepada Mahkamah hanya keberatan pada perhitungan suara,” tambahnya.

Menurutnya, terdapat batasan tegas dalam undang-undang terkait apa saja yang bisa diadili oleh MK.

Apa Reaksi Kamu?