Jembatan Berbentuk Bulat, Denmark

Jembatan Berbentuk Bulat, Denmark

 Jembatan yang bernama Cirkelbroen ini berbentuk bulat dengan total 4 lingkaran yang tersambung menjadi sebuah jembatan sepanjang 40 meter. Jembatan unik ini didesain oleh seniman Denmark-Islandia, Olafur Eliasson yang baru dibuka bulan lalu.

Jembatan biasanya dibangun dengan bentuk lurus memanjang yang menyatukan dua daerah yang terpisah dengan sungai atau alam lainnya. Tapi tidak dengan ibukota Denmark, Kopenhagen yang membangun sebuah jembatan dengan bentuk tak biasa.

image0

Jembatan ini sebenarnya dibuat untuk pejalan kaki atau pesepeda yang akan menyebrang dari area Christiansbro ke Applebys Plads. Penghubung bulat ini juga membentang di atas kanal Christianshavn.

Uniknya, jembatan ini disambung dari tiang pancang dengan kabel super kencang yang fungsinya bisa membuat jembatan ini berputar dan membuka jalan untuk kapal-kapal besar yang akan lewat. Sedangkan kapal boat atau kayak kecil bisa lewat langsung di bawah jembata.

image1

Area sekitar jembatan ini juga sering dijadikan tempat atraksi atau kegiatan olahraga air lainnya, sehingga banyak orang akan berkumpul di atas dan sekitar jembatan. Jembatan ini diperkirakan mampu digunakan oleh 5,000 pejalan kaki dan pesepeda setiap harinya.