Jenis Makanan ini Ternyata Ampuh Cegah Depresi
Ilustrasi: AAFP

Jenis Makanan ini Ternyata Ampuh Cegah Depresi

Minggu, 22 Des 2019 | 09:20 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Setiap orang di dunia ini tentu memiliki masalah yang berbeda-beda dalam hidup. Terkadang masalah-masalah yang muncul bisa memicu munculnya rasa khawatir, cemas, bahkan perasaan negative thinking. Berpikiran buruk alias negative thinking memang tidak baik untuk kesehatan mental karena bisa berujung pada depresi atau gangguan jiwa. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan asupan makanmu dengan benar.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Oxford University mengungkapkan bahwa ada makanan tertentu yang bisa mencegah orang untuk berpikiran negatif. Penemuan ini dipublikasikan dalam Journal of Psychopharmacology dan memaparkan bahwa makanan dengan kandungan prebiotik dapat meningkatkan produksi bakteri baik dalam tubuh dan melakukan banyak hal baik di dalam sistem pencernaan yang berkaitan erat dengan kesehatan mental.

image0
Makanan mengandung probiotik (foto: The Conversation)

Peneliti sekaligus neurologis melakukan analisis tentang hal ini dan menemukan bahwa zat prebiotik memiliki kekuatan untuk menenangkan diri dan sifat antidepresan sehingga berguna untuk mengurangi kecemasan dan perasaan negatif dalam diri seseorang.

Dalam percobaan tersebut, para partisipan diminta untuk mengonsumsi makanan kaya prebiotik selama tiga minggu berturut-turut. Hasilnya, mereka memiliki keadaan emosional yang lebih baik dan cenderung bisa meningkatkan konsentrasi dan fokus pikiran. Reaksi ini hampir sama dengan yang ditemukan pada obat antidepresan.

Beberapa makanan yang kaya prebiotik contohnya adalah pisang, sayuran umbi-umbian (wortel, kentang, bit, lobak, talas, dan lain-lain), bawang merah, dan bawang putih. Jenis makanan prebiotic ini jugaterbuktu mampu menurunkan hormone stress (kortisol) dan bisa meningkatkan nafsu makan dan rasa bahagia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...