Jepang Aktifkan lagi Reaktor Nuklir

Rusmanto
Rabu, 12 Agustus 2015 07:53 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 12 Agustus 2015 07:53 WIB
Image Jepang Aktifkan lagi Reaktor Nuklir

 Reaktor nomor satu di pembangkit nuklir Sendai, 1.000 km arah barat daya dari Tokyo, sudah diisi dengan bahan bakar atom. Kemarin, operator terkait mengumumkan reaktor tersebut akan dinyalakan pada tanggal 11 Agustus 2015 pukul 10.30 waktu Jepang.

Jepang menyatakan mengaktifkan lagi program tenaga nuklirnya, setelah dua tahun nonaktif akibat kebocoran di Fukushima karena tsunami lebih dari empat tahun silam. Jepang kini mengaktifkan sementara dua reaktor yang sudah dua tahun tak berfungsi untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Namun, juru bicara operator Kyushu Electric Power menyatakan operasi reguler baru akan dimulai September mendatang.

Jepang telah memperketat peraturan keselamatan pembangkit listrik energi nuklir, termasuk menyiapkan langkah preventif dan membangun dinding penghalang untuk antisipasi tsunami.

Pengaktifan reaktor ditegaskan akan berjalan dengan regulasi yang jauh lebih ketat jika dibandingkan dengan sebelum tragedi Fukushima yang dipandang sebagai bencana atom terburuk setelah Chernobyl pada 1986. "Bencana seperti yang terjadi di pembangkit nuklir Tokyo Electric Power di Fukushima Daiichi tidak akan terulang lagi dengan penerapan peraturan baru," jamin Ketua Otoritas Regulasi Nuklir, Shunichi Tanaka. Namun, kemarin, sekitar 400 warga berkumpul di depan pembangkit Sendai di Kyushu, untuk menolak pengaktifan lagi pembangkit. (jk)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Perang Dagang Amerika dan China Makin Panas, Investor Ramai-ramai Tahan Dana

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.