Jepang Diguncang Gempa

Jepang Diguncang Gempa

WinNetNews.com - Gempa berkekuatan 6 Skala Richter (SR) lebih, mengguncang Kumamoto, Kyushu, Jepang. Guncangan gempa membuat belasan bangunan runtuh dan memutus aliran listrik.

Otoritas setempat menyebut sejumlah orang masih terjebak dalam reruntuhan bangunan. Namun reaktor nuklir di Sendai dan Genkai, Kyushu, dilaporkan aman beroperasi normal.

Dikutip dari BBC, Jumat (15/4), gempa pertama berkekuatan 6,4 SR terjadi di kedalaman 10 kilometer dan diikuti gempa susulan 40 menit kemudian dengan kekuatan 5,7 SR. Tidak ada peringatan tsunami akibat gempa yang terjadi pada pukul 21.26 waktu setempat, Kamis (14/4/2016).

"Guncangan terasa kuat," kata polisi setempat bernama Hironobu Kosaki.

Media Jepang menyebutkan gempa menewaskan dua sampai tiga orang. Ada 45 orang yang dibawa ke rumah sakit dengan jumlah korban luka berat sebanyak 5 orang.

Dua orang tewas berada di Mashiki--15 kilometer di timur Kumamoto-yang paling terdampak gempa ini. Satu orang tewas ditemukan dari balik reruntuhan bangunan sedangkan satu orang lainnya tewas akibat kebakaran yang terjadi akibat gempa.

disadur dari situs detik news