Jepang Protes hadirnya kapal China dekat kepulauan di Laut China Timur

Jepang Protes hadirnya kapal China dekat kepulauan di Laut China Timur

Minggu, 7 Agt 2016 | 18:00 | Rike
WinNetNews.com-Jepang panggil para diplomat China hari Sabtu (6/8) guna melakukan protes enam kapal pengawal pantai China yang mendekati kepulauan Laut China Timur, bersama armada ratusan kapal penangkap ikan China.

Kementerian Luar Negeri Jepang menyebut dalam pernyataan bahwa Jepang mengajukan protes usai pengawal pantai Jepang melihat hadirnya kapal-kapal China itu hari Sabtu beserta armada 230 kapal penangkap ikan China berada di sekitar pulau-pulau Senkaku yang dikuasai Jepang. China pun mengklaim pulau-pulau itu, yang disebutnya Diaoyu. Jepang menuntut supaya kapal-kapal itu meninggalkan daerah tersebut. Tiga dari kapal pengawal pantai China itu memiliki apa yang tampaknya seperti perangkat senjata, kata Kementerian Luar Negeri Jepang. Armada China tersebut belum memasuki wilayah perairan Jepang sebegitu jauh, ucapnya.

Ketika ditanya soal pernyataan Jepang, Kementerian Luar Negeri China menyatakan sikap bahwa pulau-pulau itu adalah “wilayah sejati China” dan China memiliki “kedaulatan yang tidak dapat diganggu-gugat” atas kepulauan tersebut dan perairan sekitarnya.

Dalam pernyataan, jurubicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying minta kepada Jepang supaya “jangan mengambil tindakan yang dapat menimbulkan ketegangan atau keadaan yang sulit.”

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...