Jerman Memperketat Perbatasannya

Jerman Memperketat Perbatasannya

 

Wingamers.com - Jerman memperketat perbatasannya. Ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir pengungsi dari negara tetangga mereka. Menteri dalam negeri Jerman Thomas de Maizière, mengumumkan keputusan ini untuk menanggapi semakin banyaknya pengungsi yang datang. Ini merupakan goyangan bagi keputusan Schengen Uni Eropa. Sebelumnya warga Uni Eropa yang terikat perjanjian Schengen bisa bebas ke setiap negara tanpa membawa dokumen sama sekali.

Seperti dilansir The Guardian, pada 13 September Jerman mulai menerapkan pemeriksaan paspor di setiap perbatasannya, khususnya dengan Austria. Dalam seminggu ini Jerman sudah menampung 40 ribu pengungsi Suriah. Kereta antara Jerman dan Austria sempat dihentikan selama 12 jam. Hanya warga negara Uni Eropa dan mereka yang punya dokumen resmi boleh masuk Jerman. Pengungsi akan dibawa ke tempat khusus.

Pengetatan perbatasan ini diikuti hal yang serupa dari Ceko. Kota Munich sendiri sudah kewalahan sebab menerima 13 ribu pengungsi pada satu hari sehingga mereka luber di stasiun kereta api. Kebijakan Jerman ini bagaikan balik arah dari kebijakan buka pintu yang dipuji seluruh dunia.

Jerman sendiri "memaksa" negara Eropa lain untuk ikut menanggung beban pengungsi dan memikirkan sanksi. Jerman dan Austria adalah penyumbang bujet terbesar Uni Eropa dan meminta negara lain ikut ambil bagian.