Jet Tempur Israel Serang Wilayah Jalur Gaza
ilustrasi

Jet Tempur Israel Serang Wilayah Jalur Gaza

Jumat, 13 Apr 2018 | 07:09 | Rusmanto

WinNetNews.com - Jet tempur Israel melancarkan serangan udara di wilayah Jalur Gaza kemaren. Seorang petempur dari kelompok Hamas tewas dalam serangan udara tersebut.

Kementerian Kesehatan di Gaza menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (12/4/2018), Mohammed Hijaila tewas dalam serangan pada Kamis dini hari waktu setempat tersebut. Kementerian mengonfirmasi bahwa pria tersebut merupakan anggota kelompok Hamas. Seorang pria lainnya mengalami luka-luka serius akibat serangan udara Israel tersebut.

Menurut sumber keamanan, korban tewas merupakan salah satu dari sejumlah petempur Hamas yang ditempatkan di sebuah pos pengintaian di sebelah timur Kota Gaza, ketika serangan udara terjadi.

Militer Israel mengonfirmasi serangan udara itu dan menyatakan serangan tersebut merupakan balasan atas aksi penembakan. Disebutkan bahwa para petempur Hamas menembaki sebuah jet tempur Israel, yang tengah melakukan serangan di Gaza sebagai respons atas pengeboman di pagar perbatasan Israel pada Rabu (11/4) waktu setempat. 

Militer Israel menyatakan, bom tersebut ditanam di perbatasan dan ledakannya tidak menimbulkan korban.

"Sebagai respons atas bahan peledak yang diledakkan terhadap sebuah kendaraan teknik militer kemarin, jet-jet tempur Israel menyerang target militer di Jalur Gaza," demikian statemen militer Israel seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (12/4/2018).

"Setelah serangan itu, sebuah sel teror menembaki dengan senapan mesin ke sebuah pesawat Israel, tanpa benar-benar membahayakannya. Pesawat itu pun menyerang sel teror tersebut," imbuh militer Israel.

Disebutkan militer Israel, tembakan-tembakan senapan mesin tersebut sempat memicu berbunyinya sirene di wilayah Israel selatan.

Insiden ini terjadi menyusul tewasnya puluhan warga Palestina di Gaza sejak 30 Maret lalu, saat bentrokan yang terjadi ketika ribuan warga Palestina menggelar aksi demo di sepanjang perbatasan Gaza. Setidaknya 32 warga Palestina telah tewas di tangan tentara Israel sejak 30 Maret lalu. 

Kebanyakan tewas usai ditembak tentara Israel saat aksi demo berujung bentrokan, sebagian lainnya tewas akibat tembakan tank militer. (detikcom)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...