Image Jika Ingin Mesin Awet, Jangan Injak Gas Sebelum Matikan Mesin
Mobil  

Jika Ingin Mesin Awet, Jangan Injak Gas Sebelum Matikan Mesin

Kamis, 10 November 2016 14:25 WIB

WinNetNews.com - Acapkali pemilik mobil kerap menginjak pedal gas sebelum mematikan mesin kendaraan. Padahal kebiasaan itu dapat membuat efek buruk bagi kendaraan.

Semestinya begitu kunci kontak diputar ke posisi ' off ', putaran mesin tak terdengar lagi. Jika perilaku itu terus dilakukan mobil akan mengalami dieseling . Dieseling adalah masih berputarnya mesin secara berlebihan setelah kunci kontak diposisikan off . Kasus ini terjadi pada mesin berbahan bakar bensin.

Mesin yang mengalami dieseling pada umumnya akan lebih susah dihidupkan. Sebab, pada ruang bakar biasanya terdapat terlalu banyak bahan bakar. Lama kelamaan ini akan membuat aki soak. Berikutnya adalah efek pada engine mounting . Dieseling identik dengan putaran mesin yang tidak stabil. Dengan ketidakstabilan putaran mesin maka mounting akan meredam getaran mesin secara tidak stabil pula. Ini yang akan mempercepat retak atau kerasnya mounting mesin.

Dampak dieseling lainnya yakni memperpendek usia busi. Ini akan terjadi karena busi mobil yang mengalami dieseling cenderung basah. Kondisi yang basah ini memudahkan terjadinya hubungan singkat alias korsleting pada busi. Bila sudah seperti ini, busi akan cepat panas yang kemudian akan mempercepat retaknya busi atau putusnya resistant pada busi.

Dieseling juga menunjukkan bahwa pembakaran tidak sempurna. Ini berarti dieseling akan dapat mempercepat timbulnya kerak karbon pada ruang bakar. Efek berikutnya, mesin ngelitik dan mempercepat keausan pada mesin, baik piston, silinder mesin, ring piston.

Secara teknis, beberapa hal yang menjadi pemicu dieseling , di antaranya adalah pertama, sistem cut-off bahan bakar tidak berfungsi dengan baik. Kedua, kerak karbon pada ruang bakar yang berlebihan sehingga menimbulkan bara pada ruang mesin. Ketiga dieseling muncul karena saat mematikan mesin pengendara terbiasa menginjak pedal gas.

Profil R.A. Kartini, Sang Pejuang Emansipasi Wanita
Begini Error di Lapangan Saat Uji Coba OK OTRIP

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

Sekilas Tentang WinnetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.

atau
Lupa kata sandi akun kamu?
atau
Kami akan mengirim link aktivasi pada email Anda.
Daftar Akun