Jika Jadi Diusung PDIP, Risma Akan Menjadi Kejutan dan Saingan Buat Ahok

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Jika Jadi Diusung PDIP, Risma Akan Menjadi Kejutan dan Saingan Buat Ahok
WinNetNews.com - Pengamat politik dari IndoStrategi Pangi Syawri Chaniago memprediksikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) akan diusung PDIP di Pilgub DKI Jakarta. Jika ini terjadi, kata dia, maka akan benar-benar menjadi kejutan dan saingan berat Ahok.

“Selama ini kan ada tiga nama yang digadang-gadang menjadi saingan berat Ahok, yakni Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Risma. Ridwan dan Ganjar sudah tidak berminat lagi maju di pilkada DKI Jakarta. Risma kemungkinan yang menjadi kejutan buat Ahok,” ujar Pangi di Jakarta, Kamis (31/3).

"Jika Megawati menghendaki, maka tidak menutup kemungkinan Risma akan menerima tawaran tersebut. Ini kemungkinan jadi, biasanya kalau sudah perintah Mbak Mega, Risma akan lanjut ke DKI, contoh Jokowi (Joko Widodo) dari Solo ke Jakarta dari Jakarta ke Pilpres," ungkap Pangi.

Pangi menelisik lebih jauh, dengan kehadiran Risma bakal menyulitkan Ahok. Apalagi, Ahok telah memilih jalur independen atau perseorangan yang dianggap Pangi sebagai "bunuh diri politik". Pangi menilai Ahok terlalu percaya diri dengan pilihannya.

Selain itu, kata Pangi pilihan mantan Bupati Belitung Timur terhadap calon wakilnya Kepala BPKAD DKI Jakarta Heru Budi Hartono tidak didasari pertimbangan politik yang matang. Pasalnya, popularitas dan elektabilitas Heru tidak terlalu mencolok.

“Memilih Heru sebagai wakilnya, akan semakin menenggelamkan Ahok. Kalkulasinya seperti tidak tepat dan matang. Ini sama saja bunuh diri politik,” pungkas Pangi. 

Foto: www.konfrontasi.com


Apa Reaksi Kamu?