Jika Jadi Presiden, Rizal Ramli Bakal Naikkan Pendapatan Petani 4 Kali Lipat

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jika Jadi Presiden, Rizal Ramli Bakal Naikkan Pendapatan Petani 4 Kali Lipat
Foto: Tribunnews

Winnetnews.com -  Pakar ekonomi sekaligus politisi Indonesia, Rizal Ramli bertemu dengan sejumlah petinggi  organisasi Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) dan membahas ide-idenya jika terpilih menjadi Presiden 2024.

Rizal yang sempat menjadi Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid itu mengungkapkan, apabila ia terpilih menjadi orang nomor satu di Indonesia, salah satu kebijakan yang akan diambil adalah meningkatkan pendapatan petani.

"Nah Insyaallah kawan-kawan NU kultural, kalau Rizal Ramli mimpin (presiden) nanti kita atur harga agar setiap panen petani untung 10 persen. Setiap tahun naik 10 persen itu kira-kira pendapatan naik 170 persen pokok 5 tahun double income plan. Selama 10 tahun naik 4 kali lipat," katanya saat webinar bersama petinggi NU.

Menurutnya, saat ini pendapatan petani di Indonesia belum maksimal atau bahkan tak sedikit yang mengalami kerugian. Alasan pertama menurut Rizal karena adanya sistem kartel dalam perdagangan komoditi di Indonesia.

Selain itu, ia juga menambahkan pemerintah tidak mengatur harga bahan pangan pokok. Sehingga sewaktu-waktu harga produksi tidak stabil, maka pendapatan petani turun.

"Kenapa pemerintah indonesia belum pernah menerapkan harga price policy? (padahal) di Jepang di Korsel diatur harga supaya petani setiap panen untung. Bahkan zaman Pak Harto diatur," tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri sejumlah tokoh NU antara lain Cucu pendiri NU Agus Aam atau Gus Aam, dan Adhie Massardi atau Mantan Juru bicara Presiden KH Abdurrahman Wahid.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...