(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jika Jokowi Tak Jadikan Cak Imin Sebagai Cawapres, Ini yang Akan Dilakukan PKB

Oky
Oky

Jika Jokowi Tak Jadikan Cak Imin Sebagai Cawapres, Ini yang Akan Dilakukan PKB Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan dirinya akan menjadi calon presiden jika Jokowi tak memilihnya menjadi calon wakil presiden.

Menurut pria yang kerap disapa Cak Imin ini, hal tersebut didapatnya dari saran para kiai.

“Banyak kiai yang membisiki kalau Pak Jokowi gak ambil saya (cawapres), para kiai menyarankan lebih baik saya capres,” ujar Cak Imin di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/6/2018).

Cak Imin sejak beberapa waktu yang lalu memang mengadang-gadang dirinya menjadi calon wakil presiden. Hal itu juga menjadi saran dari para kiai dan ulama.

Mantan Menaker ini mengklaim saat dirinya dipasangkan dengan Jokowi, keduanya dapat saling melengkapi satu sama lain.

“Saya memaknai melihat apa yang dilakukan Pak Jokowi ibarat botol butuh tutupnya. Jadi lebih suara batin para ulama untuk menyempurnakan dari yang ada. Apalagi ditengah persatuan dan kesatuan yang terkoyak, ancaman fundalisme dan radikalisme yang tinggi hanya kiai dan ulama yang saya ikuti,” jelasnya.

Diketahui, Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy mengatakan partainya masih berpeluang membentuk poros ketiga dalam Pemilihan Presiden 2019 jika Muhaimin Iskandar tidak jadi calon wakil presiden untuk Joko Widodo (cawapres Jokowi).

“Masih memungkinkan akan terwujud, meski ada ikatan tertentu,” ujar Lukman , Rabu (25/4/2018) lalu.

Menurut Lukman, peluang terbentuknya poros ketiga itu didasarkan situasi politik yang hingga saat ini masih cair. Karena itu, PKB membuka diri untuk penjajakan poros ketiga jika tawaran agar Ketua Umum PKB Muhaimin menjadi cawapres Jokowi tidak diterima.

“Tapi kami sudah melakukan komunikasi, saya lihat juga sekarang tidak ada partai yang berhadap-hadapan langsung,” pungkasnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});