Jika Tak Punya Bulan, Apa yang Akan Terjadi Pada Bumi?
llustration: Lazaro Gamio/Axios

Jika Tak Punya Bulan, Apa yang Akan Terjadi Pada Bumi?

Minggu, 3 Nov 2019 | 16:38 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Jika Bumi tanpa bulan, maka akan memunculkan dampak serius yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia.

Seperti yang diketahui, bulan adalah satu-satunya satelit alami yang dimiliki Bumi. Bulan memiliki peranan tersendiri dalam mendukung kehidupan di Bumi.

Selain itu, bulan juga diperkirakan mempengaruhi kemiringan Bumi. Para ilmuwan pun memprediksi berbagai hal yang mungkin menimpa Bumi jika tak ada bulan.

Dampak yang Ditimbulkan Jika Bumi Tanpa Bulan

Bagi anda yang merasa penasaran dengan dampak apa saja yang muncul akibat tak ada lagi bulan yang mengelilingi Bumi, anda simak saja ulasan berikut.

Kemiringan Bumi

Tanpa ada bulan, maka kemiringan Bumi akan berubah. Para ilmuwan memperkirakan bahwa Bumi akan menjadi lebih tegak atau lebih miring dari biasanya.

Akibatnya, lapisan es yang ada di kutub akan mencair karena lebih sering terkena sinar matahari. Selain itu, iklim Bumi juga berubah secara drastis.

Gelombang Pasang Akan Mengecil

Jika Bumi tanpa bulan, maka gelombang pasang diperkirakan akan mengecil. Tak mengherankan karena bulan mempengaruhi pasang surut air laut.

Tanpa adanya bulan, maka gelombang hanya akan mencapai 40%. Bahkan siklusnya juga akan jarang terjadi. Peran bulan memang sangat penting bagi Bumi.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...