(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jika Terbukti Bersalah di Pengadilan, Siap Ditenggelamkan Bu Susi, yaa...

Karna H.
Karna H.

Jika Terbukti Bersalah di Pengadilan, Siap Ditenggelamkan Bu Susi, yaa... Kapal yang diduga lakukan illegal fishing/Dokumentasi Humas Badan Keamanan Laut Republik Indonesia


WinNetNews.com - Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) berhasil menangkap sebuah kapal ikan berinisial T yang diduga melakukan illegal fishing di Perairan Halmahera, beberapa hari lalu.

Kapal T ditangkap dalam operasi rutin pengamanan perairan yang digelar Bakamla RI di Zona Timur pada Jumat 6 Oktober melalui unsur KAL Tidore I-14-11 yang dikomandani Kapten Laut (P) Habiby Achmad.

Kapal tersebut tertangkap tangan sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap Hand Line. Pada saat pemeriksaan didapati hasil tangkapan berupa sejumlah ikan tuna dengan ukuran bervariasi.

Menurut keterangan yang tercantum pada Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI), diketahui kapal T melakukan penangkapan ikan tidak sesuai fishing ground atau wilayah penangkapan ikan yang telah ditentukan.

Kapal yang berasal dari Bitung tersebut didapati menangkap ikan di wilayah Perairan Halmahera, sebelah selatan Pulau Gebe. Bukan hanya itu, seperti yang dikutip dari keterangan resmi pada Senin (09/10/2017), kapal yang dinakhkodai EB dan membawa 10 ABK tersebut juga tidak dilengkapi Surat Ijin Stasiun Radio Kapal Laut.

Menurut penjelasan Komandan KAL Tidore, atas dugaan illegal fishing yang dilakukan kapal T, selanjutnya kapal beserta barang bukti dikawal ke Lanal Ternate untuk proses penyidikan lebih lanjut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});