Jika Terpilih Kembali Jadi Presiden, Jokowi Bakal Rombak Tiga Kementrian Ini

Daniel
Daniel

Jika Terpilih Kembali Jadi Presiden, Jokowi Bakal Rombak Tiga Kementrian Ini Joko Widodo

Winnetnews.com - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo sejauh ini masih berada di posisi terdepan dalam perolehan suara versi hitung cepat. Jika kembali terpilih sebagai presiden untuk periode 2019 hingga 2024, Jokowi diyakini bakal merombak sejumlah kementerian. Lantas apa saja?

Menurut pendapat dari ekonom Bank Permata, Joshua Pardede, bakal ada tiga sektor dari kementrian yang berkaitan dengan ekonomi yang bakal dirombak. Ketiga sektor tersebut adalah industri, ketenagakerjaan, dan perdagangan.

Joshua menilai ketiga sektor itu seharusnya bakal jadi prioritas Jokowi. Lebih dari itu, Joshua menilai tiga sektor tersebut lah yang memang jadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan Jokowi jika terpilih kembali sebagai presiden.

“Ada beberapa yang menjadi kekurangan dan harus dibenahi sama Pak Jokowi,” ujar Joshua seperti dikutip dari Detik. “Pertama harus bisa menggenjot industri dengan mendorong sektor manufaktur, kan selama ini kontribusi manufaktur sangat kecil ya,” tambahnya.

Untuk urusan SDM, menurut Joshua peningkatan kualitas dapat “Meningkatkan kualitas pendapatan masyarakat.” Selain itu produktivitas tenaga kerja juga menurutnya harus dibenahi karena sejauh ini ia merasa masih kurang. “Kalau tenaga kerjanya berkualitas, investasi akan tidak ragu untuk masuk.”

Sementara untuk urusan perdagangan, menurut Joshua neraca dagang seringkali defisit karena terlalu banyak impor dan kurangnya ekspor. “Kita harusnya bisa ekspor dengan value lebih tinggi,” kata Joshua.

Joshua menambahkan: “Selama ini seringnya neraca dagang tekor. Belum lagi dengan ancaman global. Lima tahun belakangan infrastruktur digenjot, harusnya itu bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan (untuk) genjot perdagangan.”

 

 

Apa Reaksi Kamu?