Jika The Fed Menaikkan Suku Bunga Maka Dunia Akan Panik

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Jika The Fed Menaikkan Suku Bunga Maka Dunia Akan Panik

Wingamers.com - Jika The Fed menaikkan suku bunga maka dunia akan panik. Untungnya itu tidak dilakukan. Seperti dilansir BBC, jika the Fed menaikkan suku bunga maka pasar di Cina akan terkena pengaruh.

Seperti dilansir Financial Times, ekonom Kaushik Basu setuju bahwa suku bunga The Fed jangan dinaikkan. Terakhir kali The Fed menaikkan suku bunga tahun 2006 dan kemarin ketika rumor muncul soal apakah The Fed akan menaikkan suku bunga membuat para pelaku pasar khawatir.

Jika suku bunga meningkat maka arus modal keluar akan meningkat. Rumor akan naiknya saja sudah membuat banyak arus modal keluar. The Fed pada 16-17 September kemarin mengadakan rapat untuk membahas perlambatan ekonomi China. Kekhawatiran ini muncuk ketika ketua The Fed Janet Yellen memberikan sinyal akan menaikkan suku bunga. Efek dari melambatnya ekonomi Cina membuat prediksi The Fed akan pertumbuhan ekonomi dunia menjadi meleset.

Amerika Serikat adalah negara dengan pengaruh ekonomi terbesar di dunia dan pemilik cadangan mata uang terbesar. Jadi apapun yang dilakukan The Fed akan memengaruhi ekonomi dunia. Belum jelas apakah benar suku bunga akan naik sebab rumor menyebutkan kalau naik maka akan diumumkan akhir tahun ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});