Jika Urin Kamu Berbau Busuk, Waspada! Bisa Jadi Ada Infeksi
via Mirror.co.uk

Jika Urin Kamu Berbau Busuk, Waspada! Bisa Jadi Ada Infeksi

Sabtu, 28 Des 2019 | 22:37 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Jika kamu telah memperhatikan bahwa urin kamu berbau sangat menyengat atau memiliki bau "aneh" akhir-akhir ini, maka, kamu harus mengantisipasi itu, karena ada beberapa komplikasi kesehatan yang berbahaya yang dapat menyebabkan urin kamu berbau tidak sedap.

Urin yang berbau tidak sedap bisa menjadi akibat dari sesuatu yang kita makan. Atau mungkin kita kurang mengkonsumsi air putih. Karena aktivitas yang padat, terkadang kita kurang peduli dengan kondisi tubuh kita.

Tubuh manusia memiliki cara mengingatkanmu setiap kali ada ancaman dari penyakit atau gangguan tertentu. Misalnya, sebelum kamu demam, kamu mungkin mengembangkan kelelahan atau dingin, dan jika kamu mengambil tindakan pencegahan, kamu mungkin dapat mencegah demam! Demikian pula, ada gangguan lain yang juga menunjukkan tanda-tanda tertentu yang tidak boleh kita abaikan dan urine bau adalah salah satunya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa urin kamu bisa berbau tidak sedap:

1. Diabetes

Jika urin kamu terlihat pekat, "manis", namun berbau tajam, kamu harus mengecek untuk diabetes, sebagai kelebihan gula darah dalam urin kamu, bisa menjadi alasannya.

2. Kelebihan Multivitamin

Jika urin kamu terlihat buruk, bau obat-seperti, bisa jadi karena kamu mengkonsumsi terlalu banyak suplemen multivitamin. Kamu dapat berbicara dengan dokter kamu tentang menurunkan dosis.

3. Dehidrasi

Bau urine juga dapat disebabkan jika tubuh kamu sangat dehidrasi, dehidrasi dapat membuat urin kamu sangat pekat. Jadi minum cukup air setiap hari!

4. Infeksi mikroba

Jika kamu terinfeksi oleh infeksi bakteri atau jamur, maka penyebab infeksi dapat masuk ke aliran urin kamu, sehingga bau sangat menyengat, sehingga kamu harus mengunjungi dokter untuk melakukan tes.

5. Menahan kencing

Jika kamu memiliki kebiasaan menahan kencing terlalu lama, dapat menyebabkan infeksi kandung kemih, yang akhirnya mengarah pada bau urin yang buruk.

6. Makan sayuran tertentu

Jika kamu makan sayuran tertentu seperti asparagus, lobak, bawang dan bawang putih secara berlebihan, enzim di dalamnya, dapat bereaksi dengan air seni kamu, membuat bau kencing kamu tajam.

7. Infeksi saluran urin

Jika kamu menderita infeksi saluran kemih, yang merupakan infeksi bakteri yang mempengaruhi alat kelamin kamu, nanah dibentuk bisa masuk ke urin, sehingga bau. (fsa/scd)

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...