Jika Yen & Won Ikut Dibanting, Rupiah Akan Merana

Cincin Suryanto
Kamis, 13 Agustus 2015 13:38 WIB
Oleh Cincin Suryanto pada Kamis, 13 Agustus 2015 13:38 WIB
Image Jika Yen & Won Ikut Dibanting, Rupiah Akan Merana

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus mengalami tekanan. Bahkan, kemarin Rupiah mencatatkan pelemahan terdalam selama perdagangan 2015.

Hal ini, tidak terlepas dari devaluasi mata uang yang dilakukan oleh People Bank of China (PBOC). Analis MNC Securities, Victoria Venny N Setyaningrum, mengatakan bahwa devaluasi yuan akan berakibat negatif pada pasar Indonesia.

Ditambah lagi, jika nantinya Jepang dan Korea Selatan menanggapi perang mata uang ini. "Jika Jepang dan Korea mengikuti China, Indonesia bisa semakin terpuruk," kata dia di acara Market Now IBCM, Kamis (13/8/2015)

Menurutnya, jika terjadi devaluasi dua mata uang tersebut, bukan tidak mungkin dolar Amerika Serikat (AS) juga akan mengikuti. Akibatnya, negara-negara lain pun berlomba menurunkan mata uangnya.

"Maka akan perang mata uang, ini akan menjadi sentimen negatif bagi bursa Asia," tukas dia.

(cn)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Prabowo Sebut TNI Lemah, Begini Tanggapan PDIP

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.