JK Apresiasi Kritikan Greta Thunberg di Forum KTT Iklim PBB

Khalied Malvino
Khalied Malvino

JK Apresiasi Kritikan Greta Thunberg di Forum KTT Iklim PBB Greta Thunberg. [Foto: Reuters]

Winnetnews.com - Siapa sangka jika seorang anak remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan mampu mengkritik forum resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Greta Thunberg, anak remaja yang juga aktivis lingkungan hidup ini melayangkan protes terkait aksi iklim di hadapan para pemimpin dunia, Senin (23/9).

Melihat keberanian gadis berusia 16 tahun itu, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi kritikan Greta terhadap forum resmi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) PBB menyoal iklim.

Hal itu, JK ungkapkan dalam acara ‘SDG’s Annual Conference 2019’ di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (8/10). Dalam kesempatan itu, JK kembali mengingatkan dunia perihal kritikan gadis kelahiran Stockholm, Swedia tersebut.

"Memang di dunia ini, yang jelas dan marah adalah anak-anak. Di PBB yang bicara Greta Thunberg. Sambil bicara, sambil marah, 'I watch you' (kata Greta)," beber JK seperti dilansir Merdeka.com.

Wapres Jusuf Kalla (JK). [Foto: Anadolu Agency]

Hal ini menunjukkan, bahwa upaya menyuarakan kelestarian lingkungan dan ancaman perubahan iklim bisa datang dari siapa pun. Suara itu harus didengar.

"Bayangkan jika terbalik. Biasanya kita mengawasi anak, sekarang anak yang mengawasi kita," ujar politisi senior Partai Golkar itu.

JK pun menyebut dua siswa SD Bina Nusantara mempresentasikan tujuan ke-14 SDGs dalam konferensi tersebut.

Dalam presentasi, kedua anak SD tersebut membahas terkait keberlangsungan ekosistem laut, termasuk hal-hal apa saja yang bisa merusak ekosistem laut.

"Seperti tadi. Anak SD. Dia mengajari profesor tentang lingkungan hidup, dan dia benar," tandasnya.

Apa Reaksi Kamu?