Joko Widodo: Selamat Hari Pendidikan Nasional

Joko Widodo: Selamat Hari Pendidikan Nasional

WinNetNews.com - Sebuah bangsa yang memiliki kualitas yang baik, tidak pernah terlepas dari pendidikannya. Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya melalui akun Twitter-nya, beliau menyampaikan agar pendidikan bangsa Indonesia bisa terus membuat generasi masa depan menjadi lebih baik.

"Pendidikan bukan hanya menjadikan manusia Indonesia cerdas dan pintar, tapi upaya memanusiakan manusia," ujar Jokowi dalam cuitannya Senin (2/5/2016).

"Selamat Hari Pendidikan Nasional," sambungnya.

Hari Pendidikan Nasional atau biasa disingkat Hardiknas merupakan hari yang ditetapkan oleh pmerintah untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Ki Hadjar Dewantara adalah pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia.

Ki Hadjar Dewantara dikenal sebagai sosok pahlawan nasional yang berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya untuk bisa mengenyam bangku pendidikan. Ia pun mengkritik kebijakan pemerintah kolonial yang menyebabkannya diasingkan ke Belanda.

Namun sekembalinya ke Indonesia, Ki Hadjar Dewantara mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Ki Hadjar Dewantara juga pernah diangkat menjadi menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Dilansir dari detik(dot)com