Joko Widodo Soal Parade Baju Daerah: Biar Tahu, Kita Ini Beragam
Presiden Joko Widodo dan tamu undangan dalam upacara kemerdekaan ke-72 di Istana Negara/Foto: Zool WNN

Joko Widodo Soal Parade Baju Daerah: Biar Tahu, Kita Ini Beragam

Kamis, 17 Agt 2017 | 12:18 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Ada yang sangat berbeda dalam upacara peringatan kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Istana Presiden, Jakarta, Kamis (17/08/2017). Para tamu menggunakan pakaian adat atau baju daerah yang kemudian menjadi penanda kemeriahan berbeda itu. Presiden Joko Widodo sendiri mengungkapkan, penggunaan pakaian adat tersebut untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negeri kaya dan memiliki banyak keberagaman.

“Biar tahu, kita ini beragam. Karena Indonesia itu memang sangat beragam. Inilah Indonesia,” kata Presiden kepada wartawan. 

Presiden Jokowi sendiri mengenakan pakaian adat dari Kalimantan Selatan. Sementara itu, Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono tampak mengenakan busana adat Palembang. Presiden ketiga RI, B.J Habibie juga tampak mengenakan pakaian adat Bugis. Tampak juga jajaran menteri dan tamu undangan lainnya yang mengenakan pakaian daerah. Kapolri, misalnya, terlihat menggunakan tutup kepala asal Papua.

“Kita kan tahu, ratusan pakaian adat yang kita punya,” sambungnya.

Sementara itu upacara pengibaran bendera peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dimulai tepat pukul 10.00 WIB. Saat upacara dimulai, sebanyak 17 dentuman meriam dan sirine dibunyikan.

Selanjutnya teks Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Presiden Jokowi sebagai Inspektur Upacara. Presiden memimpin mengheningkan cipta usai pembacaan teks Proklamasi.

Sedangkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membaca doa. Tepat pukul 10.10 WIB, Paskibraka mengibarkan bendera Sang Merah Putih.

Segenap redaksi winnetnews turut mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...