Jokowi: 4 Kunci Pengendalian Inflasi

Rusmanto
Kamis, 04 Agustus 2016 14:14 WIB
Oleh Rusmanto pada Kamis, 04 Agustus 2016 14:14 WIB
Image Jokowi: 4 Kunci Pengendalian Inflasi

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, terdapat empat kunci yang mutlak dilakukan dalam pengendalian inflasi di Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah. Satu dari keempat kunci itu adalah penyediaan anggaran pengendalian harga oleh seluruh pemerintah daerah (pemda), agar dapat melakukan intervensi apabila diperlukan.

Sedangkan kunci kedua, lanjut Presiden, unsur-unsur di daerah—pemda, kepolisian, kejaksaan, dan BI di daerah—, agar secara rutin melakukan pemeriksaan pasokan bahan pokok di gudang penyimpanan. Ketiga, memastikan transportasi di daerah maupun antardaerah selalu lancar. Keempat, menjaga distribusi barang.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara mengatakan, hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo, saat membuka dan memimpin langsung Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TPID VII di Jakarta, Kamis (4/8). “Secara khusus, Presiden menekankan pentingnya pengendalian inflasi sebagai salah satu dari dua tumpuan perekonomian, di samping pertumbuhan ekonomi,” ujar Tirta dalam keterangan tertulisnya pada hari yang sama.

Jokowi berharap, pemerintah, BI, dan lembaga lainnya, khususnya di tingkat daerah, diharapkan melaksanakan tugas secara mendetail di setiap sektor, agar inflasi dapat terjaga. Hal ini dinilai penting agar Indonesia dapat bertahan di tengah masalah ekonomi dan geopolitik global yang cukup berat. “(Untuk itu) presiden mendorong pemda untuk mengeluarkan anggaran APBD seawal mungkin setiap tahunnya,” kata Tirta.

Winners… Hobi Memancing, Ini Loh Manfaatnya Untuk Kesehatan
Dalam Waktu Dekat, Huawei Akan Kenalkan Kamera Phone Terbarunya

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.