Jokowi Akan Bertemu Tokoh Papua di Istana Negara Hari Ini

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Jokowi Akan Bertemu Tokoh Papua di Istana Negara Hari Ini Presiden Joko Widodo (sumber: Bloomberg)

Winnetnews.com - Presiden Republik Indoesia, Joko Widodo, diagendakan akan melakukan pertemuan dengan tokoh Papua di Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (10/09). Pertemuan ini sebelumnya telah direncanakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto.

Dari informasi yang beredar, Presiden Jokowi akan bertemu dengan sekitar 64 orang dari Papua, Papua Barat, dan sejumlah wilayah di Indonesia.

“Ya memang sedang diagendakan untuk bertemu. Pak Wiranto (Menko Polhukam) yang atur,” ungkap Staf Khusus Presiden Kelompok Kerja Papua, Lenis Kogoya, dilansir dari CNN Indonesia, Selasa (10/09).

Kedati demikian, Lenis masih belum mengetahui secara pasti siapa saja tokoh Papua yang akan datang.

Lenis menjelaskan bahwa pertemuan antara Jokowi dan masyarakat Papua ini adalah respon dari tuntunan referendum yang sedang ramai dibahas. Pertemuan dini dikatakan Jokowi seabagi ajang pembahasan masalah percepatan pembangunan di Papua.

“Presiden Jokowi terus berkomitmen untuk memajukan Papua baik di bidang fisik maupun SDM,” pungkas Lenis, dilansir dari Merdeka.com, Selasa (10/09).

Sebelumnya, Jokowi memang secara terbuka memberikan undangan kepada para tokoh Papua untuk melakukan dialog secara kekeluargaan.

“Mengundang para tokoh Papua dam Papua Barat baik tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama ke Istana, untuk bicara masalah percepatan kesejahteraan di Tanah Papua,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (22/08), seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Masyarakat Papua yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Sipil Papua bahkan meminta Jokowi untuk berunding dengan tokoh Gerakan Bersatu Pembebasan Papua Barat (ULMWP), Benny Wenda. Menurut masyarakat Papua, Benny Wenda merupakan aktivis yang paling mengerti bagaimana kondisi masyarakat Papua saat ini.

Sampai saat ini, pihak media masih menunggu agenda pertemuan kedua belah pihak tersebut.

Apa Reaksi Kamu?