Jokowi Akan Kunjungi AS Pada 25-28 Oktober 2015

Rusmanto
Rusmanto

Jokowi Akan Kunjungi AS Pada 25-28 Oktober 2015

Wingamers.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Amerika Serikat (AS), dan bertemu dengan Presiden Barack Obama. Apakah dalam kunjungan ini, Jokowi juga akan bertemu petinggi Freeport McMorran, induk usaha Freeport Indonesia?

Baca juga: Pemerintah Dorong Inalum Ambil Alih 10,64% Saham Freeport

"Baru akan dibahas. Fokus beliau ke Amerika itu adalah pertama bagaimana meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara. Itu penting tidak hanya untuk kepentingan Amerika tapi juga Indonesia. Itu yang pertama," kata Ari di Istana Negara, Jakarta, Senin malam (20/10/2015).

Seperti diketahui, saat ini isu soal perpanjangan kontrak Freeport sedang hangat menjadi pembicaraan. Freeport berharap mendapat jaminan agar kontraknya diperpanjang hingga 2041, dari kontrak saat ini yang habis pada 2021. Namun sesuai aturan, perpanjangan kontrak baru bisa diberikan paling cepat 2 tahun sebelum kontrak habis.

Ari juga mengatakan, selain membicarakan kerja sama ekonomi, kunjungan Jokowi ke AS juga membicarakan isu soal lingkungan dan keamanan secara global.

Isu investasi dan perdagangan, lanjut Ari, akan menjadi isu utama yang dibahas dalam kunjungan Jokowi ke AS. Namun fokusnya tidak untuk bertemu dengan pebisnis di negara tersebut.

"Fokusnya tidak hanya bertemu dengan kalangan bisnis, tapi juga pemerintah bertemu dengan pemerintah AS, bertemu dengan kalangan masyarakat sipil. Jadi tidak hanya bisnis," kata Ari. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});