Jokowi Akan Kunjungi Empat Negara, Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dan Perdamaian

Jokowi Akan Kunjungi Empat Negara, Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dan Perdamaian

WinNetNews.com - Komitmen Presiden Jokowi untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdamaian dengan negara-negara Uni Eropa (UE) ditunjukkan dengan mengunjungi empat negara Uni Eropa -- Jerman, Inggris, Belanda, dan Belgia selama lima hari, 17-22 April.

Negara pertama yang dikunjungi Presiden Jokowi adalah Republik Federal Jerman. Pada Minggu (17/4), Presiden Jokowi bertolak menuju Berlin, Republik Federal Jerman menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta. Kunjungan ini dilakukan Presiden Jokowi untuk memenuhi undangan para pemimpin negara-negara Eropa.

Tema kunjungan kerja kali ini adalah memperkuat kerja sama dengan Uni Eropa, terutama di bidang ekonomi, memperkuat toleransi, serta membangun perdamaian dunia.

Uni Eropa merupakan salah satu mitra tradisional strategis Indonesia dalam menghadapi tantangan global baru. Indonesia akan memprioritaskan kerja sama perdagangan, investasi, maritim, dan pengelolaan air.

UE merupakan salah satu mitra utama perdagangan dan investasi Indonesia. Nilai perdagangan Indonesia-UE mencapai US$ 26,14 miliar pada tahun 2015, sehinga menjadi mitra dagang Indonesia terbesar keempat. Sementara itu, investor UE merupakan yang terbesar ketiga dengan nilai investasi US$ 2,26 miliar pada tahun 2015.